Rabu, 09 November 2011

Ayam Goreng Saus Kecap by Sri Mulyani

Yuhuuu...ada resep Ayam lagi nih...!! jangan bilang ABG ah...kalo udah jago masak...mari kita lihat resepnya (3funky)
 
 
 
 
Malem trio host funky, ikut laporan yaa ....
 
Pertama kalinya ikutan eventnya NCC, kali ini temanya <b><i>Chinese Food Week</i></b>, hadooohh .... pengen banget ikutan biar dapet badgenya buat blogku (biarpun blognya masih belum rapih) tapi gak apa2 kan yaa trio funky (komat-kamit sambil berharap semoga bisa lulus).
Biarpun gak jago masak tapi pengen juga nyumbang masakan buat event ini, pilihanku jatuh pada resep <b>Ayam Goreng Saus Kecap</b> yang ada di buku Primarasa (saya bela-belain ngiderin gramedia lho ... biar dapet masakan yang simple cause itu tadi, saya gak jago masak). Ini dia resepnya :
<b>Ayam Goreng Saus Kecap</b>
Sumber : Buku Primarasa seri Hidangan Cina Praktis
 
Bahan :
1 ekor (800 – 900 g) ayam
2 sdm ang ciu (saya skip)
1 sdm kecap asin encer
Minyak goreng secukupnya
50 g mentega
4 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, cincang halus
1 sdm kecap manis
3 sdm kecap inggris
50 ml air
½ sdt merica bubuk
½ sdt garam
4 buah jeruk limau, belah dua
 
Cara membuat :
<b>1.</b>Potong ayam kecil-kecil beserta tulangnya menjadi 24 potong. Olesi dengan ang ciu (saya gak pakai) dan kecap asin hingga rata, diamkan selama 30 menit supaya bumbu meresap.
<b>2.</b>Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan diatas api sedang. Masukkan ayam sekaligus ke dalamnya. Goreng hingga ayam matang dan berubah warna dan usahakan ayam tidak terlalu kering, angkat, tiriskan.
<b>3.</b>Panaskan mentega dan 2 sdm minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan kecap manis, kecap inggris dan air, aduk.
<b>4.</b>Masak hingga mendidih, tambahkan merica dan garam, masukkan ayam goreng ke dalamnya, aduk rata.
<b>5.</b>Peras jeruk limau diatasnya, aduk sebentar, angkat dari atas api. Pindahkan masakan ke atas wadah saji, hidangkan selagi panas.
 
Ternyata chinese food itu emang minim bumbu yaa ... karena diriku orang Indonesia Sunda jadi saya gak ngikutin plek bumbu diatas, saya tambahin lagi kecap manisnya, tambahin penyedap rasa, tambahin garam n merica, tambahin gula pula, pokoknya sampai pas dengan selera kita dehh.
Ok selamat mencoba ....

0 komentar:

Posting Komentar