Kamis, 10 November 2011

Wonton With Chilli Oil by Wati

Dim Sum yang satu ini rasanya gurih dan enak dengan sensasi pedas dari chilli oil pasti semakin nikmat...dan bisa dipastikan ga cukup makan satu potong .....(3Funky)

Dear ibu2 host CFW,
Mau setor entry CFW masih bisa kah? Kalo masih, alhamdulillah... Kalo dah terlambat, biar buat inventaris resep aja ya....:)


Kali ini saya mau setor Wonton with Chilli Oil, salah satu varian masakan Cina Szechuan. Yang menarik dari makanan ini adalah cita rasa nya yang pedas (berkat pemakaian chilli oil/minyak cabe) dan wangi (karena penggunaan merica szechuan). Perpaduan yang khas, yang mungkin sedikit terasa asing di lidah orang indonesia. Tapi sebenarnya rasa makanan ini ga begitu asing, karena pada dasarnya ini hanyalah pangsit rebus dengan siraman saus pedas. 


Salah satu bahan pada resep ini adalah merica szechuan (zanthoxylum pipertum). Merica szechuan disebut juga fagara, berasal dari provinsi szechuan di Cina bagian barat. Merica ini tidak termasuk dalam keluarga merica biasa, tetapi termasuk dalam keluarga pohon buah berry. Buah berry merah dipetik pada musim gugur dan dibiarkan kering terkena sinar matahari. Buah berry ini berukuran sekitar 1 cm. Buah berry yang kering ini lalu terbuka dan membentuk sekuntum bunga. Merica ini dikenal dengan sebutan Huajiao yang memberi cita rasa tidak sepedas merica yang lain. Merica szechuan tidak bisa digantikan dengan merica biasa. Saat digunakan, bisa dalam bentuk butiran, dimemarkan/ditumbuk, atau berupa bubuk. Merica ini sering digunakan dalam hidangan klasik szechuan seperti Mie Szechuan dengan daging bebek dan hidangan tumis lainnya. Penampakan merica szechuan bisa diliat di blog saya.

Berikut resep nya,
Wonton with Chilli Oil
Sumber: Seri Masak Femina "Cina Szechuan"

Bahan:

100 gr daging ayam cincang
100 gr udang, kupas, buang kulit, cincang
1 batang daun bawang, cincang halus
1 putih telur
1/2 sdm tepung maizena
1 sdt kecap asin
1 cm jahe, cincang
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt garam atau sesuai selera
12 lembar kulit pangsit ----- saya pake kulit gyoza

Saus (campur jadi satu):

3 sdt minyak cabai (chilli oil)
1 sdt gula pasir atau sesuai selera
1 sdt kecap asin
1/2 sdt garam atau sesuai selera
1 sdt merica szechuan

Hiasan:

2 buah cabai merah, iris serong 1/2 cm
daun ketumbar

Cara Membuat:

  • Aduk jadi satu daging ayam, udang, daun bawang, putih telur, tepung maizena, kecap asin, jahe, merica, gula dan garam.
  • Letakkan kulit pangsit diatas talenan datar, taruh 1 sdm adonan daging di tengah setiap lembaran kulit pangsit. Dengan menggunakan kuas, basahi pinggiran kulit pangsit dengan air.
  • Lipat kulit pangsit jadi 2 sehingga berbentuk setengah lingkaran, tekan pinggirannya sampai melekat. Lakukan sampai kulit dan adonan habis.
  • Didihkan air dalam panci, masukkan pangsit secara bertahap dan biarkan mendidih sampai pangsit mengapung di permukaan air, angkat, tiriskan.
  • Letakkan pangsit rebus diatas piring saji, tuangkan campuran saus diatasnya. Aduk sampai rata, lalu hias dengan cabe iris dan daun ketumbar.

Catatan:

  • Masakan ini lebih lezat bila dihidangkan segera dalam keadaan hangat.
  • Chilli oil ini sungguh pedas. Jika kurang suka pedas, bisa dikurangi jumlahnya.
  • Rasa makanan ini unik. Pedas, asin dan wangi merica szechuan yang khas. Mungkin untuk sebagian orang rada aneh, tapi sebenarnya enak koq, asal perbandingan gula, garam dan kecap asin nya pas. Untuk itu disarankan, jumlah masing2 bahan tersebut disesuaikan dengan selera.

Demikian entry saya, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk ibu2 host CFW yang baik nan cantik....:)

salam,
Wati
www.wati-cookery.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar