Selasa, 08 November 2011

Kakap Szechuan by Dessy Natalia

Buat yang suka ikan tapi kadang terganggu dengan amisnya coba deh resep yang satu ini....sudah dibuktikan di keluarga Mb Dessy....(3Funky)

Dear Host CFW yang oke banget dan NCCer's yang keren semuanya, mau ikutan narsis di ajang kali ini sekaligus pengen dapetin badge CFW di waktu yang sudah mepet ini boleh ya…

Masakan yang aku setor untuk event ini adalah Kakap Szechuan. Adapun Szechuan adalah sebuah provinsi di bagian barat China. Kalau mengutip Yahoo Travel daerah ini memang “terkenal secara internasional lewat kenikmatan makanannya. Masakan khas Szechuan sering menonjolkan permainan bumbu-bumbu yang berani, seperti rasa pedas yang ekstrim, biasanya hasil dari penggunaan paprika, bawang putih dan cabai yang banyak, terutama keunikan rasa merica Szechuan. Hasilnya adalah aroma harum mirip jeruk, dan lidah yang sedikit mati rasa”.

Nah karena ada rasa pedas yang menonjol membuat masakan ini lumayan jadi favorit di keluargaku. Kebetulan untuk ikan kakap (yang fillet) biasanya suka amis apalagi kalau yang jenis kakap merah. Namun bila dimasak ala Szechuan, rasa amis ini hampir tidak berasa malahan daging ikan kakap jadi gurih karena bumbu yang meresap ke dalamnya.

Oya, berdasarkan pengalamanku selama ini kalau menggunakan fillet kakap merah, pas di bagian badan ikan yang ada warna coklat (sepanjang sisi badan ikan) lebih baik tidak dipakai karena bagian ini menurutku paling amis.  Jadi dipinggirkan saja, pake yang warna putihnya.  

Untuk resepnya sendiri, saya lupa ambil dari mana sumbernya (mungkin majalah wanita) sebab kadang-kadang sudah di modifikasi sendiri tergantung ketersediaan bumbu yang ada di dapur. Yang penting hasil akhirnya enak dan lezat dan itu tadi hot.


Kakap Szechuan

Bahan :
400 gr fillet ikan kakap potong 3x3 cm
1 sm kecap asin
1 sm arak (ang ciu)
Rendam 15 menit dan digoreng 3-4 menit asal matang dan kekuningan

2 sm minyak
2 siung bawang putih cincang halus
2 ruas jahe potong-potong halus
2-3 batang daun bawang potong 3-4 cm
2-3 sm tausi ditumbuk kasar
2-3 sm saus sambal botolan
4 sm saus tomat  
2 st gula
15 buah cabai merah kering direndam air sebentar dan dipotong-potong 1-2 cm
1 st minyak wijen
100 ml kaldu

Cara Membuat :
-          Panaskan minyak, masukkan jahe dan bawang putih cincang, tumis sampai harum
-          Masukkan tausi, saus sambal, saus tomat, gula, cabe merah kering, aduk terus sampai rata
-          Tuangi kaldu, masak sampai agak kental
-          Masukkan ikan yang sudah digoreng, masak sampai saus membalut ikan
-          Terakhir beri minyak wijen dan daun bawang
-          Angkat dari api dan hidangkan

Regards,
Dessy Natalia

0 komentar:

Poskan Komentar