Kamis, 10 November 2011

Lapis Legit Ny Liem by Tania

Bener ternyata....butuh keberanian tingkat tinggi untuk bikin kue yang satu ini...tapi harus dicoba karena pasti ada kepuasan menikmati jerih payah buatan sendiri...(3Funky)

Halo host-host CFW.
Mau ikutan CFW nich di detik-detik terakhir ini. Bener-bener dengan foto seadanya. Mau ikut menyemarakkan CFW ini dan ngedapetin badge yang konon katanya kereeeen banget itu...
Sejarah lapis legit kan sudah diuraikan yah sebelumnya jadi aku langsung aja deh laporan.
Aku akhirnya memberanikan diri buat mencoba buat lapis legit resep Ny. Liem ini, langsung satu resep tanpa eksperimen langsung dikasih ke saudara yang mesen (ceritanya sok pede). Soalnya lapgit ini kan mahal bahan-bahannya dan telur yang dipakai cukup banyak. Lumayan juga nich nongkrong 2,5 jam di depan oven. Fotonya terburu-buru karena sudah ditungguin sama yang pesen dan jadinya malam hari. Makanya cahayanya minim sekali. Semoga lain waktu bisa buat lagi dan difoto dengan selayaknya. Mohon diterima ya para host untuk menyemarakkan CFW. 

Lapis Legit Ny. Liem

Bahan 1
850 g (40 btr) kuning telur
350 g gula bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
Bahan 2 (dikocok hingga mengembang)
400 g mentega (aku pakai wijsman)
300 g margarin
4 sdm susu kental manis
1 sdt bumbu spekoek
Sedikit pewarna kuning telur (aku skip)
Bahan 3 (campur dan ayak)
70 g terigu protein rendah (kunci)
20 g susu bubuk

Cara :
1. Bahan 2 : kocok mentega dan margarin hingga putih dan mengembang, tambahkan
susu kental manis, bumbu spekuk dan sedikit pewarna, kocok kembali hingga rata.
2. Kocok bahan 1 menjadi satu hingga kental dan mengembang, masukkan bahan 2 sambil
dikocok hingga tercampur rata.
3. Tambahkan bahan 3 k dlm adonan telur dan mentega sambil diaduk perlahan dengan
spatula hingga rata.
4. Alasi loyang uk 20x20x7 cm dengan kertas roti (kalo aku setelah dialasi, diolesi margarine tipis-tipis). Tuang 3-4 sdm ke dalam loyang,
ratakan. Panggang dengan api bawah suhu 170 derajat selama 10 menit hingga matang dan
coklat. Angkat, matikan api bawah lalu nyalakan api atas.
5. Tekan tekan adonan dengan alat khusus (bisa dibeli di tbk-tbk terdekat), tuang kembali adonan, ratakan. Panggang
dengan api atas 170 derajat hingga matang. Lakukan langkah no 4 dan 5 hingga adonan
habis.
6. Terakhir matikan api atas lalu nyalakan kembali api bawah, panggang kembali 10
menit hingga benar-benar matang.
Angkat, biarkan dingin. Potong-potong dan sajikan.
--
~Tania~
http://craft-hut.blogspot.com/
http://dedapuran.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar