Kamis, 10 November 2011

Shanghai Mooncake by Wulan

Kue tradisional yang satu ini akhirnya bisa melengkapi berbagai macam kue khas China yang sudah masuk dalam blog ini.....Thanks ya mbak Wulan yang sudah meluangkan waktunya untuk bikin Shanghai Mooncake ini...(3Funky)

Hello trio host funky CFW,

Mudah-mudahan masih boleh ikutan di last day of CFW, dari kemaren-kemaren mau laporan tapi apadaya keadaan tidak memungkinkan sibuk bolak balik physiotherapy.

So pagi hari ini aku buru-buru buat Shanghai Mooncake ini, sebelum buat pesanan cake lainnya. Resep yang dikasih oleh teman lokal (malaysian) katanya Shanghai Mooncake ini jenis kue mooncake traditional yang sudah mulai jarang ada di pasaran. Dari kemarin pun aku sudah muter-muter ke beberapa toko bahan kue tapi bahan inti dari shanghai mooncake ini sudah tidak ada dipasaran yaitu LOTUS PASTE.
AKhirnya aku disarankan oleh temanku yang kebetulan punya toko bahan kue ini dengan mengganti lotus paste dengan mung bean paste (kacang hijau yang sudah dikupas). Akhirnya jadilah si mooncake dengan mung bean ini...not bad juga rasanya.


Bahan :
300 gr plain flour
100 gr custard powder
75   gr shortening
75 gr butter
100  gr icing sugar
2 eggs
10-12 pcs salted eggs

Method :
1. Bake kuning telurnya telur asin yang dipoles dengan sedikit minyak kurang lebih 10-15 menit dengan suhu 150'c, bila selesai diamkan hingga dingin
2. Masukkan butter dan shortening juga icing sugar, aduk rata menggunakan hand whisk.
3. Masukkan telur satu persatu aduk hingga rata
4. Masukkan plain flour dan custard powder yang sudah diayak terlebih dahulu, aduk rata, diamkan 15 menit tutup dengan serbet
5. Timbang lotus paste 100 gr
    kulit  60 gr
    egg yolk 20 gr
    Bila kita tidak menggunakan yolk, timbang lotus paste sebanyak 120 gr
6. Bungkus egg yolk dengan lotus paste yang sudah ditimbang, bentuk bulatan, selesaikan hingga egg yolk habis, sisihkan
7. ambil adonan inti (isi/filling) tadi kemudian cover dengan adonan kulit, bentuk menjadi oval shape, lakukan hingga selesai, kemudian poles dengan kuning telur, siap dipanggang dengan suhu 170'c hingga kuning kecoklatan (matang)
8. Diamkan hingga dingin supaya filling lotus paste dan egg yolk kaku, baru siap dipotong/dimakan.

Mudah kan buatnya...jadi ga perlu beli lagi deh kalau lagi mooncake festival, beli box yang cantik hias dengan pita merah, siap menjadi buah tangan pada saat mooncake festival.

Thank you & Regards,
~wLn~
http://wulanskitchen.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar