Rabu, 09 November 2011

Kukus Daging Sapi dengan Pare by Maria

Alternatif lain dalam memasak daging....tanpa santan dan kuah....cukup dikukus dan si daging bersanding dengan pare....hmmm jadi pingin nyoba nih...(3Funky)

Dear 3 Funky, host CFW

Udah lama pengen ikutan setor, tapi selalu kaga sempat foto. Kali ini dipaksain foto dulu, walau pun ala kadarnya dari BB.
Ceritanya, hari ini mau masak dengan bahan daging, tapi kalo dimasak kuah terus ... bosan, dimasak santan... maag ku yang kaga kuat, akhirnya ingat pernah beli buku yang kukus2an. Akhirnya bongkar2 dulu buku resep dan nemu menu daging dimasak dengan pare, kebetulan semua bahan ada di kulkas. Pertama2 agak ragu mau masak ini, secara kalo daging direbus aja agak lama baru empuk ... lah ini malah cuma dikukus 15 menit aja... aku mikir, empuk kaga ya? Tapi modal nekat, ya aku coba aja, ternyata, benar saja...daging kurang empuk, akhirnya aku kukus pake presto dagingnya, jadi empuk deh .. dan sukur suami bilang enak... ;)

Berikut resep yang saya pakai :



Kukus Daging Sapi dengan Pare
Sumber : buku "Hidangan Daging Serba Tim & Kukus"

Bahan:
500 gr daging sapi has dalam / has luar
1 sdm kecap asin
merica bubuk dan gula pasir secukupnya
1 sdm angciu (boleh di skip)*
1 sdm tepung sagu (aku pake tapioka)
200 gram pare
1 sdm garam
1 buah bawang bombai, potong 2 cm
5 ruas jahe iris
1 sdm angciu
1 buah cabai merah, iris serong (aku buang bijinya)
garam, merica bubuk, gula pasir secukupnya
2 sdm saus tiram
50 ml air

Cara membuat:
1. Potong daging berlawan serat ukuran 4x2x1cm. Lumuri daging dengan kecap asin, merica, gula, angciu, dan tepung sagu menjadi satu. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap. (Aku tinggal pergi kira2 2 jam, taruh di kulkas)
2. Belah pare menjadi 2, iris 1 cm. Lumuri diamkan selama 15 menit. Peras airnya, rebus selama 1 menit. Angkat dan tiriskan.
3. Tempatkan daging ke dalam pinggan tahan panas. Beri pare, bawang bombai, jahe, angciu, cabai merah, garam, merica, gula, saus tiram, dan ir menjadi satu.
4. Kukus ke dalam panci pengukus selama 15 menit hingga matang dan bumbu meresap. Angkat. (Aku kukus biasa 15 menit, lalu daging aku kukus lagi dengan presto selama 10 menit)
5.Sajikan selagi hangat.

Salam,
Maria

* Note : Bagi yang Muslim Ang Ciu bisa dihilangkan

0 komentar:

Poskan Komentar