Senin, 07 November 2011

Chinese Steamed Egg by Ivan Adiseputra

Betul-betul yaaaa..... semua pengen dapet Badge...! Padahal Ivan jangan karena pengen si Badge, liat usaha nya memasak hingga hasilnya yang Silky Smooth..selucu juga pict nya (hihihi cute abis..)
trial dan trial jadi tambah bagus looo....!! (3funky)



Chinese Steamed Egg (蒸水蛋)

Critanya sih ikutan NCC Chinese Food Week pengen dapet badge NCC CFW ^_^
Asalnya mau bikin bakpao tapi udah ada yang setor (dan sebenernya males juga nguleninnya :p). So, karena saya nggak bisa masak dan lagi di daerah yang cukup terpencil yang susah cari bahan2 masakan, teringatlah hidangan chinese  yang super simple tapi sebelum2nya masih belum sukses bikinnya.. (yang kali ini not bad lah, walaupun belum perfect)

Pertama kali tahu kalo ada makanan seperti ini dari request papa yang minta dibikinin telur dikukus yang lembut kayak tahwa (ceritanya dulu oleh alm. nenek yang memang asli dari tiongkok sering dibikinin makanan kayak gini waktu papa kecil, tapi aku sendiri belom pernah nyicipin/dibikinin)..
Dishnya super simple, cuma telur dan cairan yang dikukus.. Yang tricky adalah bagaimana supaya dapet hasil yang silky smooth..

Chinese Steamed Egg

Resepnya:
·         3 butir telur segar (cari yang segar supaya gak amis)
·         4,5 bagian air masak suhu ruang (pakai 9 takar paruhan cangkang telur)
·         1/2 sdt garam


Cara membuatnya:
1.    Panaskan kukusan dengan api besar
2.    Campur semua bahan dalam mangkok kemudian diaduk rata (jangan dikocok untuk menghindari terbentuknya banyak busa/gelembung)
3.    Saring campuran telur dan tuang ke mangkok tahan panas (ambil busanya jika terbentuk busa)
4.    Kukus dengan api kecil selama 20 menit (beri ganjal sumpit/sendok/lainnya pada tutup kukusan supaya uap bisa keluar)
5.    Sajikan panas-panas dengan kecap asin
Referensi resep dan teknik memasaknya didapat dari:

0 komentar:

Poskan Komentar