Kamis, 20 Oktober 2011

Bumbu-bumbu Masakan China - Ditulis oleh Farida Nita


Selain resep - resep yang sudah diujicoba di dapur para member NCC, Blog ini juga sarat informasi tentang bumbu - bumbu yang sering/lazim dipakai pada hidangan chinese food. 
Thanks to Farida sudah sharing informasi ini.
Dear Trio Funky,

Bongkar-bongkar kumpulan resep masakan nemu beberapa artikel tentang bumbu-bumbu dalam masakan cina. Salah satu rahasia kelezatan masakan cina itu terletak pada penggunaan saus penyedap yang jenisnya beragam. Untuk itu dalam rangka merimaikan even CFW ini, aku sharring beberapa bahan itu. Sumbernya aku dapat dari majalah Femina dan 90 Menu Chinese Food karya Henky Runtuwene.

1. Saus Tiram ( Oyster Sauce)
Saus ini terbuat dari ekstrak oyster (tiram) segar yang dimasak bersama garam, kecap asin dan bumbu-bumbu lainnya.Citra rasa dari saus ini gurih dan biasanya dipakai sebagai pelezat masakan., umumnya sih saat tumis-menumis sayuran. Selain itu bisa dipakai sebagai saus pencelup, tinggal dicampur dengan sedikit minyak, jadi dech :D
2. Minyak Wijen
Dibuat dari biji wijen yang dipanggang kemudian dihaluskan. Aromanya sangat kuat sehingga digunakan dalam jumlah sedikit. Minyak wijen digunakan dalam tumisan sayuran, saus salad ataupun campuran mie pangsit. Yah meskipun namanya minyak, minyak wijen tidak lazim digunakan untuk menggoreng
3. Saus Hoisin (Hoisin Sauce)
Kalo gk salah disebut juga saus barbeque ala Cina. Warnanya merah kecoklatan dan kental. Terbuat dari campuran kacang kedelai fermentasi, cuka, bawang putih, bawang bombay, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya. Citarasa dari saus ini manis gurih. Biasanya sih saus ini dipakai untuk hidangan bakar-bakaran daging serta seafood. Eh, sama kayak saus tiram, saus ini bisa dipakai untuk saus pencelup juga.
4. Saus Plum ( plum sauce )
Umumnya dipakai sebagai saus pelengkap untuk hidangan peking duck. Terbuat dari campuran buah plum, aprikot, cuka, gula dan rempah-rempah. Saus ini memiliki tekstur yang kental seperti selai. Citarasanya agak manis
5. Minyak cabai
Terbuat dari cabai kering yang dilarutkan dalam minyak sayur. Biasa dipakai dlama tumisan atau sebagai pelengkap untuk mi dan bubur ayam(sebagai pengganti saus cabai)
6. Kecap Asin ( Soy Sauce )
Banyak dipakai untuk tumisan sayur, nasi goreng, hidangan daging. Wis termasuk salah satu bahan wajib du dapur cina. Kecap asin terbuat dari fermentasi kacang kedelai dan memiliki beberapa versi. Light soy sauce/thin soy sauce memiliki citarasa lebih asin, lebih encer dan warna lebih terang. Light soy sauce lebih cocok digunakan untuk memasak hidangan tumisan yang dimasak cepat. Dark soy sauce/black soy sauce memiliki warna yang lebih pekat dan lebih kental karena proses fermentasinya lebih lama. Dark soy sauce biasa dipakai dalam hidangan yang dimasak dalam waktu lama (diungkep) sehingga menghasilkan warna yg lebih gelap. 
7. Taosi
Terbuat darifermentasi kacang kedelai hitam yang diasinkan. Tersedia dalam versi kering dan kalengan. Untuk menghasilkan aroma yang kuat, hancurkan taosi saat akan dimasak. Taosi biasanya untuk penyedap masakan tahu, ikan atau seafood.
8. Ngo Hiong
Aneka bumbu kering yang dihaluskan dan dicampur jadi satu seperti lada, kayu manis, kapulaga, cengkih, bunga pala, bunga lawang dan penyedap laiinnya. Bumbu ini dipakai untuk 'marinated' daging yang akan ditumis, digoreng agar aromanya harum dan sedap.
9. Angkak
Merupakan beras ketan merah yang digunakan untuk masakan berkuah spt sup ayam merah, kuah tahu merah dan sebagainya. caranya dengan melumatkan/digerus.
10. Tahu merah
Rasanya gurih dan agak asin. Biasanya untuk penyedap masakan daging yang diungkep (steam)
11. Tongcai
Irisan lobak yang diasinkan dan dikeringkan. Umumnya untuk penyedap masakan berkuah atau ditaburkan di bubur ayam

Nah itu sebagian dari bumbu penyedap masakan cina. Trus bagaimana untuk menyimpannya?
a. Pastikan botol tertutup rapat sebelum disimpan
b. Jika disimpan di suhu ruangan hindari dari panas dan cahaya matahari langsung ya

Semoga informasi ini bermanfaat ya


Salam,
Farida

2 komentar:

rahmathost.com mengatakan...

simpel ya... beda ama indonesia yg khasnya pake rempah2

mathriq on blog mengatakan...

makasih ya.. buat data paper akhir kuliner china nih

Poskan Komentar