Kamis, 10 November 2011

Vegetable Carving atau Fruit Sculpture by NickeJJ

Sedikit saaaja ...(sambil menyentuh ujung kuku...) ingin mengulas betapa luasnya bidang Makanan yang kita geluti sehari-hari.

Baiklah  akan saya persempit dengan bidang "Seni"  nya...yang akan kita bahas adalah sisi lain yang banyak menyentuh seluruh sub makanan..., dimana kata-kata pujian akan selalu terlontar ketika melihat hasil akhir sebuah makanan atau skala besar pada perhelatan,  Salah satu Seni yang saya kagumi adalah Ukir Sayur dan Buah,  sehubungan dengan bidang kuliner yang saya jalani, Bagian yg disebut "Art"  ini menunjang banyak pada sebuah akhir penampilan.

Sejarah mengatakan http://en.wikipedia.org/wiki/Vegetable_carving  bahwa asal usulnya dari 700 tahun yang lalu dari Sukotai (Thailand), sementara yang lain meyakini dari masa Dinasti Tang (618-906 M) dan dinasti Sung ( AD 960 - 1279) di CHINA, bahkan sebagian orang pun merasa Jepang termasuk akar budaya ukir ini yang  terkenal dengan "The ancient art of MUKIMONO". 

Tidak heran, masing-masing daerah mempunyai ciri khas ! sebutlah Thailand dengan ukiran yang sangat meng "copy" tumbuhan asli dan hewan asli, dan memang sungguh mirip ! lalu China yang mengukirnya sesuai dengan falsafah atau acara-acara tradisi yang berkaitan erat dengan budaya dan agama, contoh ukiran Naga, Bunga Teratai, Ikan ...dan banyak lagi, Kalau melihat Jepang ukiran nya lebih minimalis, sesuai perkembangannya hingga saat ini..mereka banyak mengembangkan cara mengukir dgn pola, sehingga pada hasil akhirnya sedikit kulit yang terbuang dan tersusun rapi bertingkat2  (3D) tanpa terlepas dari tiap bagiannya. 

Beberapa Contoh gambar saya ambil dari : http://www.templeofthai.com/fruit_carving/watermelon-bowl.php


Juga sumber dari http://www.vegetablefruitcarving.com/watermelon-carving/






Pada gambar-gambar diatas, ukiran yang dibentuk menganut cara Thailand yang sungguh dibutuhkan latihan yang terus menerus...dan kekenyangan makan Semangka ( ahaaaiii....enak dong aah !) seperti yang saya lakukan ketika "sangat ingin" atau sekedar menghilangkan sedikit kepusingan ( tgl 10/11 ini cabe mahalnya ampuuun. pusiiing kan ) jadi inilah cara yang saya lakukan...membuat sesuatu yang mengasah ketrampilan kita...oooh jangan tertawa ya, melihat hasilnya....:



 Cara yang sempat saya lakukan adalah....mantengin Youtube, saya baru dapet satu kelopak, sedangkan YouTube nya udah putar ulang berpuluh kali...heheh..dasar yaa emak2 lambat..tapi, saya sering ingin menularkan bahwa kalau kita terbiasa dan mau usaha, kita pasti bisa kok..!! jangan suka punya perasaan ah ga suka, ga bisa...tapi cobalah sesekali...suatu hari kita kepepet..kita pasti butuh, dan kita sudah tau jalannya....!!
Contoh lain ukiran yang di telateni di negeri China... http://goldlink.cc/watermelon-carving/



Saya belum mendalaminya, tapi kalau lihat gambar ini pastinya berhubungan dengan sesuatu yang penting , falsafah atau kepercayaan tertentu : http://urdustbin.blogspot.com/2010/02/watermelon-carving.html








dari yang saya sebut di atas, ukir Jepang yang seperti 3D  http://www.flickr.com/photos/veggy_fruit_carving/2383173987/ 





Kalau mau bicara tentang carving buah ...sungguh tidak ada selesainya.. nah sekarang kita liat "Tools" nya..
ada yang biasa, ada juga yang khusus "Pro"....bwaaah...ngilerrrr



Naaahh siapa yang ga mau liat pisau2 yang unik bentuk nya ini...
oh ya berikut ini akan saya tunjukkan beberapa gambar carving yang lebih Fussion, bergaya barat  ...


atau untuk ide di rumah ketika ada party















Juga bisa di bentuk seperti Lantern....: http://pameltoe.blogspot.com/








Jadi seperti inilah, bahwa seni ukir buah sangat beragam ...tepatnya,  ketika seni ukir sangat menyerupai aslinya dan sangat indah, sudah pasti akan banyak orang ingin mempelajari dan mencobanya, seperti seni ukir dari Asia yang sangat terkenal di seluruh dunia,  banyak orang2 membuat kelas seni ukir di negara-negara luar Asia termasuk negara barat sanaa....Nah..sedikit wacana melengkapi event ini, sedikit tapi dapat membuka mata kita, dunia kuliner yang kita nikmati ini, sungguh bercabang2 ke segala arah..... yuuuuu kita berlatih !!


1 komentar:

Miliana mengatakan...

keren sekali yah ukirannya

casing sosis yang bisa dimakan

Posting Komentar