Jumat, 11 November 2011

Informasi Aneka Produk / Bahan dalam Kuliner China - Ditulis oleh Lusmi

Seringkali kita bertanya-tanya bagaimana bentuk, kegunaan dan cara mengolah sebuah bahan dalam kuliner China. Tak jarang kita sering melihat bahkan mungkin sudah pernah mengonsumsinya di rumah makan atau acara pesta tanpa sepenuhnya menyadari kehadiran bahan tersebut. Lusmi membagikan pengetahuannya bagi kita semua. Artikel Lusmi ini sebagian besar bersifat spesifik untuk produk dan merk yang dicantumkan (beda saus beda rasa). Semoga bermanfaat. (3Funky)

Rice Vinegar
Rice Vinegar = Cuka beras
Komposisi: air, ketan beras, arak putih
Isi: 600 mg = 600 ml
Digunakan pada beberapa masakan atau nasi. Rasa cuka beras ini lebih halus dan tidak terlalu asam dibandingkan dengan cuka beras lainnya.









Soy Sauce Mushroom
Soy Sauce Murshroom Pearl Bridge River = Kecap Asin Rasa Jamur
Komposisi: air, kacang kedele, garam, gula, tepung terigu, jamur
Isi: 600 ml
Sebagai kecap asin dengan rasa jamur. Cita rasanya yang khas tidak bisa digantikan dengan kecap asin biasa







Minyak Wijen
Sesame Oil = Minyak wijen = Pure Huile de Sesame = Minyak Bijan Puteh = Mua Yu
Komposisi: 750 ml
Isi: minyak murni dari biji wijen yang dipanggang.
Untuk menambah harum dan aroma. Beberapa tetes untuk seasoning, marinating pada salad, sup, stew, atau sebagai minyak goring pada masakan cah.







Saus Abalon

Saus Abalon = Abalone Scallop Sauce
Komposisi: air, gula, ekstrak abalone, garam,starch, scallop, wheat, soybean product
Isi: 380 gr
Saus ini enak sekali jika digunakan pada cah sayur atau daging, bahkan nasi goreng.





 
Saus Plum
Saus Plum = Shantou Salted Plum
Komposisi: plum, garam, air.
Isi: 350 gr
Rasanya asam manis, digunakan sebagai campuran saus bebek peking (hoisin sauce sering digunakan, namun pemakaian yang benar adalah saus plum) , selain untuk campuran masak daging-dagingan.





  


Saus Hoisin
Saus Hoisin
Komposisi: kedelai, terigu, air, garam
Isi: 350 ml
Digunakan sebagai dipping gorengan ataupun sebagai olesan ayam panggang.









Saus Char Siu
Saus Char Siu =Chinese Barbeque Sauce = Saus Chasiu
Komposisi: gula, air, garam, bawang putih, kedelai, madu, barley, dll.
Isi: 240gr
Digunakan untuk rendaman daging ayam, atau daging isi bakpao.








Saus Lada Hitam
Saus Lada Hitam = Black Pepper Sauce
Komposisi: cabe, lada hitam, gula, tomat, tepung, bawang putih,dll.
Isi: 230 gr
Digunakan umumnya dengan cah daging sapi.








Maltose
Maltose
Komposisi: maltosa, tepung tapioka, air
Untuk membuat roti, kue, pada saus dan makanan, terasa lebih enak dan dibandingkan gula, kadar lebih rendah pada lemak, karbohidrat dan kalori. Selain itu, maltose adalah jenis mono-glyceride, seperti madu dan tidak kering, misalnya untuk spare ribs.





Tahu Putih
Tahu Putih
Komposisi: air, kacang soya, garam.
Isi: 454 gr
Selain untuk teman makan bubur, juga untuk masakan cah.









Tahu merah
Tahu Merah = Beancurd = Fu Chung Beancurd
Komposisi: tahu, terigu, angkak, garam.











Vetsin
Vetsin = Micin = MSG
Rasa vetsin ini agak berbeda dengan produk lainnya. Penggunaannya tidak terlalu banyak.










Kecap Ikan
Kecap Ikan = Fish Sauce
Komposisi: air, ekstrak anchovy, kaldu ikan dan garam.
Isi: 750 gr , tersedia dalam bentuk botol kecil dan besar.










Ngohiong
Bumbu Gohiong = Five Spice Powder
Komposisi: Fennel seed, coriander seed, star anissed, cassia, mandarin peel
Terdiri dari 5 macam bumbu untuk berbagai masakan.










Kaldu Kamur
Kaldu Jamur = Mushroom Sauce
Tersedia dalam kemasan besar dan kecil.
Kaldu ini memiliki cita rasa manis dan asin yang khas sehingga menjadikan segala jenis masakan menjadi terasa lezat.









Lo Han Kuo
Lo Han Kuo = Buah Lo Han
Di pasaran dijual dalam bentuk kemasan sachet atau kotak yang tinggal diseduh air panas. Buah ini berkhasiat untuk menurunkan panas dalam, dan tidak perlu menambah gula batu, karena ketika direbus, air rebusan menjadi manis.








Jamur Pohon Teh
Jamur Pohon Teh = Cha Su Ku
Digunakan untuk masakan kuah ayam atau cah. Berkhasiat sebagai anti kanker.











Jamur Shitake
Jamur Shitake
Digunakan untuk masakan kuah, cah, atau isi bakcang











Jamur Kuping
Jamur Kuping
Untuk berbagai masakan kuah atau cah.











Jamur Bambu
Jamur Bambu
Bamboo Fungus
Isi: 100 gr
Digunakan untuk berbagai masakan kuah atau cah.









Daun bakcang
Daun Bakcang  
Penggunaannya: daun direndam air, lalu siram air panas, sehingga daun menjadi lemas dan bisa digunakan untuk membungkus bakcang.










Tepung Tang Mien
Tepung Tang Mien = Wheat Starch
Sebagai bahan dalam pembuatan berbagai kudapan, misalnya kiam ke, choi pan, atau dimsum hakau.










Tepung Sang Fen
Tepung Sang Fen
Mirip dengan tepung sagu, baik dari penampilan maupun penggunaannya. Perbedaannya adalah tepung ini konsistensinya lebih baik, dalam arti ketika digunakan sebagai dasar sup, misalnya sup jagung, sup hisit, atau kuah cap cai, ketika masakan menjadi hangat atau dingin, konsistensi kuah tetap kental dan tidak mencair.







Saus Sambal
Saus Sambal
Rasa asam manis, untuk sambal cocolan pada kiam ke, choi pan, atau spring roll.











Ki Ci
Ki Che = Wolfberry = Ki zhe = Kichi
Mengandung banyak vitamin A yang berkhasiat untuk mata.








Paket Ayam Tim Obat
Paket Ayam Tim Obat
Di dalamnya (atas ke bawah, kiri ke kanan):terdapat ki che, biji teratai/lien che, red dates/angco, daging longan/longan ba, huai san/umbi2an, huai san/sejenis ginseng.
Biasa diminum anak-anak untuk masa pertumbuhan, pria untuk stamina, dan wanita pada masa nifas.



Ang Cau / Cau / Tape Ketan Merah
Bisa untuk masak kodok sayur asin, lindung ca fumak, toge sapi, atau sop kepala ikan.





Fu-Chung Beancurd / Tahu Merah
Dimakan langsung tanpa diolah lagi. Kodimen untuk masakan bubur putih. Atau ditaburkan di atas masakan kepala ikan.










Untuk wilayah Jakarta, bahan-bahan tersebut bisa di:

(1) TTS (singkatan dari Tjong Tjhong Sen) a.k.a. Jaya Abadi Petak Sembilan Glodok
Jalan Medan Glodok Selatan No. 39-41
Jakarta Utara
Telpon: 021-6297888

Ancer2nya:
(1) Jalan Gajah Mada, masuk dari samping Glodok City sebelum jembatan metro. Itu namanya jalan petak sembilan.

(2) Kalau dari Hayam Wuruk (asumsi jalan kaki),  berhenti di glodok city, masuk ke area pancoran, ada gang sebelah kiri. Itu petak sembilan. Kalau gloria masih lurus lagi sebelah kanan. :)
(3) Kalau lihat dari gloria, lokasinya diseberangnya (kanan chandra). Ke arah kiri glodok city, ada gang petak sembilan, dekat Tian Liong toko yang jual alat-alat katering atau restoran/perlengkapan perang masak. Gang petak sembilan itu antara glodok city dan tian liong. Lebar jalannya 3-4meter gitu lebarnya. Dalam gang itu ada yg jual buah, kain, baju, Nah toko TTS unik. Depan tokonya ada jembatan kecil warna merah kayak di Kebon Raya Bogor , cuma semeter gitu. Kalau toko lain kan langsung pintu terbuka lebar. Tokonya sebelah kiri.

Additional note: Hari ini baru tau dari Ciang Mimi, dan sudah dikonfirmasi ke TTS Petak Sembilan/jaya abadi, kalau mereka bisa ditelpon dan antar sesuai rute mobil boxnya. Facebooknya: Jayaabadi888@yahoo.com. Terima kasih ya

Klik gambar bb get direction:
http://maps.BlackBerry.com?lat=-6.14237&scr_z=0&lon=106.81313&label=Gang+Pancoran+1%2C+Roa+Malaka%2C+DKI+Jakarta%2C+Indonesia&address=Gang+Pancoran+1&city=Roa+Malaka®ion=DKI+Jakarta&country=Indonesia&postalCode=11230&z=0

Host note: silakan menambahkan jika ada referensi toko lain. Kirim keterangan lengkap ke: chinesefoodncc@gmail.com.

==============

Tambahan informasi dari Mariata Oei via milis NCC (17 Nov 2011):

Mbak, mau informasi yg setau aku aja y..

Plum sauce bisa digunakan untuk celupan untuk ayam goreng
Mushroom sauce kalau ngak salah bisa menggantikan saus tiram versi vegan
Light Soy Sauce sepertinya bisa menggantikan kecap asin, biasanya kucampur ama tim telur (mirip cawan mushi gitu)
Hoisin Sauce katanya dipakai di lumpia, bebek peking
Charsiu Sauce bisa dipakai untuk buat charsiu b*b* panggang atau ayam panggang
Xo Sauce biasanya dipakai untuk tumisan (yg aku tau seafood)
HP Sauce biasanya dipakai untuk steak

Salam enak,
Mariata


==============

Tambahan informasi dari Lusmi via milis NCC (17 Nov 2011):

Vita,
Barbeque sauce hanya ditambah ke ayam potong kecil2, rendam, di tumis, jadi bahan untuk isian bakpao, untuk tambahan daging di nasi goreng abalon scallop resep cfw, atau dimakan seperti nasi campur.

Light soy sauce yang depannya gambar ikan malas, itu hanya disiram ke piring dengan ikan kakap merah/ikan malas, atasnya irisan jahe, sereh, cabee. Kukus/tim. Hidangkan.

Plum sauce, dioles ke iga, bakar. Beres.
XO sauce, masak ke cah sayuran, jamur shitake, dll. Enak banget untuk tumisan kacang panjang atau buncis. Caranya: Kacang panjang potong 10-15 cm. Goreng sampai agak lemas\kuning2. Trus minyak, bawang putih, daging ayam cincang, X0 sauce, kecap ikan dikit. Aduk rata. Masukkan lg kacang panjang..aduk bentar n makann
Resep lain...tahu sutra ditim atasnya taro xo sauce.

Hp sauce? Laaah aku ada resep namanya resep disayang mertua (resep kakakku, katanya nama resepnya gitu wakakakak) salah satunya pake ingredient ini. Daging direndam dengan aple vinegar, buang. Taruh di kuali, masukkan bawang putih bonggolan,HP sauce, saus tiram dll (mesti cari lagi dimana resepnya), masak 2 jam. Ada step nya sehingga daging empuk. jadi deh. Resep hanya tumplek tumplek. Tapi bisa juga, kalau saat barbeque rame-rame, untuk steak. Hidangkan saus plum (manis), saus hp (asin) yang mana yang disukai tamu.

Hoisin sauce? Bisa untuk cocolan daging panggang, bebek panggang, lumpia goreng. 


Mushroom sauce. Ini sering disebut kecap item. Rasanya tidak manis, membuat masakannya lebih kehitaman.
Pas deh untuk resep penang char kway teow.
Atau ketika masak isian bacang, biasanya koq masakan kita ga sehitam yang jualan? Padahal sewaktu rendam daaging, hitam. Setelah di cah, pucat. Kalau pucat kan jelek. Nah tambahkan saja mushroom sauce ini sedikiit saja.
Atau sewaktu goreng bihun, mie, kwetiaw, bumbu sudah pas, warna masih kurang, masukkan mushroom sauce ini sedikit.
Begitu kira-kira :)
Salam,
Lusmi 

1 komentar:

komala sari Fatimah mengatakan...

Mba aku mau Tanya dong,

Bahan masakan cina berwarna merah selain saus tomat yang suka ditambahkan di saus asam manis atau di saus fu yung hai itu apa ya ?

Soalnya kalau aku buat saus asam manis atau fu yung hai sendiri rasanya berbeda dengan restoran bakmi 99 karena tidak pakai pewarna merah itu.

Salam,
Mala

Poskan Komentar