Selasa, 08 November 2011

Egg Custard by Ayu Purwana

Snack yang satu ini cocok banget jadi teman minum teh di sore hari....(3Funky) 

Haloooo TrioHost Funky
Yang makin nge-Hits di detik-detik terakhir. Seorang newbie mau ikutan menyemarakkan event Chinese Food Week boleh yaah?

Menu yang aku pilih adalah EGG CUSTARD atau dikenal sebagai CUSTARD TART. Namun sebelum posting resepnya aku mau cerita dulu soal sejarahnya si Egg Custard ini (yang konon dipercaya asalnya justru dari Portugis).

Pada hasil penelitian via Wikipedia, EGG Tart diperkenalkan pertama kali di Hong Kong pada tahun 1940an untuk Cha Chaan Tengs (sebutan untuk tradisi minum teh). Yang mana tidak lama kemudian banyak disajikan di restoran western untuk menyaingi ketenaran Dim Sum.... Maaf, karena takut kepanjangan, aku lanjutkan langsung ke webnya aja yaah? Berikut link-nya http://en.m.wikipedia.org/wiki/Egg_tart
Kembali ke subject, aku lampirkan copy resep yang aku ambil dari http://www.1chinesefoodrecipes.com/

Egg Custards
Modifikasi oleh Ayu Purwana

3 cup Tepung terigu
1 sdt Garam
1 cup lard (aku pakai shortening+blueband)
4-6 sdm Air Panas
3 butir Telur
1/3 cup Gula Pasir
1/2 cup Susu Cair (aku pakai krim kental)
Untuk menghilangkan amis, aku tambahkan 2 sdm Rhum Bakar *( optional)

Campur jadi satu tepung dan separuh takaran garam dan masukkan shortening/mentega putih (aduk pakai tangan/pastry blender sampai berbentuk remah2)
Masukkan air panas secukupnya sampai adonan berubah menjadi lebih lembut dan mudah digilas.
Cetak dengan cookie cutter lebar 12cm dengan ketebalan 2cm. Masukan hasil cetakan ke dalam loyang muffin yang sudah diolesi margarine.
Kocok telur dengan mixer sampai tercampur rata, masukkan gula pasir dan sisa takaran garam. Setelah rata, campurkan susu cair
Isi adonan telur diatas cetakan kulit pastry dan panggang dengan suhu 180C selama kurleb 30 menit.
Langsung pindahkan egg tart dari loyang muffin ke atas wire rack.

Semoga berkenan,
Ayu Purwana

Note: koreksi by angelia novincy Umboh, cha chaan tengs bukanlah nama orang melainkan tradisi minum teh (=chinese tea diner). Artikel di atas sudah dikoreksi.

0 komentar:

Posting Komentar