Senin, 07 November 2011

Bak Moy Ayam Udang by Valeria

Selalu saja kita diingatkan sesuatu yang enak pada jamannya, padahal kalau kita coba dan praktek sendiri..pasti lebih enak,  hanya saja kalo dah bawaan kangen....kadang2 kaya "hanya itu" yang bisa enak dan pas...laaah jangan takut ! memang kita harus penasaran dan mencobanya sendiri kok ...
gitu kan Valerie..? ... (3funky)



Trio Funky,
mau setor perdana ikutan even week-weekan hehehe, deg-degan nich......

Bak Moy adalah makanan kesukaanku sejak pertama kali kenal. pertama
makan di kantin Gramedia Yogyakarta semasa SMA, yang sekarang udah
tutup jadi Dunkin. Setelahnya ga pernah menu yang cocok. Rasa yang
bikin aku jatuh cinta waktu itu adalah gurih dengan semburat manis,
sayang ga ga pernah nemu yg rasanya kayak gitu lagi kalo makan diluar.
Sekarang udah jauh dari masa SMA, punya kesempatan praktik sendiri,
nemu dah rasa yang pas. Aku sengaja pakai udang, karena udang
menyedapkan makanan secara alami tanpa penyedap tambahan.
Berikut resepnya, mudah kok


Bak Moy Ayam Udang ala Valeria

Bahan:
1/4 kg Ayam filet
1/4 kg Udang (apa aja), kulitin kulit dan kepala jangan dibuang bisa buat kaldu
1 potong besar atau 4-6 potong tahu cina (pilih yang baru, empuk, dan
gampang hancur ya, jangan yang membal)
4 siung bawang merah atau 1 gelundung bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
8 sing bawang putih yang besar
mrica butiran sesukanya, disarankan 1/4 sendok teh (aku ga pakai
karena ada anak kecil ga suka pedas)
biji pala sesukanya, disarankan 2 iris tipis
jahe 3 ruas jari, keprek bagi 2.
1 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus tiram
2 sendok makan kecap ikan
Air untuk kuah 1 1/4 liter
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
2 sendok makan tong-cay
daun bawang iris-iris
Garam Secukupnya
Pelengkap: Bawang putih goreng & daun bawang untuk taburan

Cara Membuat:

Isian

1. Potong-potong ayam & tahu kotak2 kecil kurang lebih 1 x 1 cm
2. Goreng tahu sampai kecoklatan atau 1/2 matang, jangan sampai kering
dan berkulit
3. Halus kan Bawang putih, merica, pala, & garam , setelah halus bagi
2 sama rata
4. Tumis Bawang bombay sampai harum, masukkan jahe dan bumbu halus
5. Masukkan ayam dan udang bersama, aduk rata, sampai udang tampak
merah, masukkan tahu, aduk rata.
6. Tambahkan kecap manis, saos tiram, dan kecap ikan, terakhir
masukkan tongcay & daun bawang, aduk sebentar angkat

Untuk kuah
- Rebus air dengan api besar sampai mendidih, masukan 1/2 bagian bumbu
halus, 1,5 ruas jari jahe, dan kulit serta kepala udang, kecil kan api
biarkan posisi
mendidih sampai kira2 15 menit. Masukkan bawang putih goreng &
tongcay, biarkan sejenak (1-2 menit) angkat.

Cara penyajian yang umum dilakukan:
- Kalo mau langsung dimakan: Tempatkan nasi dan isian dalam piring
atau mangkok siram dengan kuah
- Kalo untuk di sajikan prasmanan, tempatkan isian dan kuah terpisah

Cara sesat saya karena malas menyimpan isian dan kuah secara terpisah,
saat Rebusan kuah mendidih dan diamkan dengan api kecil sampai kira2
15 menit, isian saya masukkan, saya icip2 lagi kalo kurang manis/asin,
baru kemudian bawang putih goreng dimasukkan tanpa tambahan tongcay.
- Bila tongcay & bawang putih oreng tidak ada, skip saja tetep enak enak kok.
- Untuk yang punya anak kecil, ga suka pedes. Merica n pala bisa di
skip. bagi yang suka aroma jahe dan effek hangat setelah makan,
jahenya bisa ditambah 2 kali dari resep terulis.


Buat saya cooking lebih menarik, karena cemplang-cemplung dan (hampir)
aman dari kegagalan (kecuali over cooked untuk sayuran, keasinan,
kemanisan).  Tapi kalo disuruh bikin cake, emmm kayaknya harus banyak
belajar.


Demikian laporan saya Trio Pretty Funky Host, semoga berkenan

Regards
Valeria

0 komentar:

Poskan Komentar