Rabu, 09 November 2011

Kiam Ke Mama Lucy by Lusmi

Banyak sekali resep andalan Mama Mb Lusmi yang sudah di share dalam even kali ini....Thanks ya mbak...senengnya punya mama jago masak....(3Funky)

Kue hasil asimilasi suku Hokkian dan Khek yang lembut namun firm di bagian bawah dan gurih toppingnya membuat kue yang dibuat layer per layer ini sangat spesial karena rasa kue yang berbeda.
Kiam Ke dalam bahasa Hokkian artinya kue asin. Lagi-lagi ini masakan andalan mama-ku sayang. Favorit anak-anak dan cucu-cucunya.
Jika kangen makanan ini, harus pesan ke mama, karena tidak dijual di mana-mana.
Mama selalu membuatkan satu loyang khusus untukku karena aku yang makan paling banyak, hahaha...
Biasanya dimasak di piring kaleng kuno seperti di foto mama, namun karena tidak punya piring tersebut, saya buat di pot pan kecil dan tanpa daun bawang yang menuai protes kakakku. Tapi dari segi rasa, enak enak enak....




Resep Kiam Ke Mama Lucy:
15 gr minyak goreng
1/2 bonggol bawang putih, cincang halus
275 gr tepung beras
330 gr air
85 gr santan kara
1/2 sdt garam
1/4 sdt vetsin
40 gr chaii pou manis, cincang kecil-kecil
50 gr ayam kampung
20 gr ebi cuci, tiris, rendam 5 menit, cincang halus
1 daun bawang, iris tipis. Optional.

Cara:
Panaskan klakat/steamer/kukusan.
1. Panaskan kuali, tuang minyak goreng, masukkan bawang putih, tumis hingga harum. Angkat. Tiriskan. Sisakan 1 sdm minyak untuk adonan. Sisakan sebagian untuk menggoreng chaii pou.
2. Sisa minyak lainnya untuk memasak daging ayam cincang. Tumis. Angkat. Cincang ulang. Sisihkan.
3. Siapkan baskom. Masukkan tepung beras, tuang air sedikit demi sedikit sambil di aduk. Masukkan santan, garam, vetsin, dan 1 sdm minyak goreng (dari sisa penggorengan cara 1). Cara simple adalah dengan whisk hingga adonan ber volume atau cara tradisional ditarik seperti ketika membuat teh tarik.
4. Siapkan wadah untuk dikukus. Tuang adonan (3) satu centong. Kukus. Tuang satu centong. Kukus. Ulangi sampai tinggal adonan untuk layer terakhir.
5. Tuang adonan layer terakhir, masukkan chaii pou, daging ayam, ebi, daun bawang jika suka, dan bawang putih goreng dari cara (1). Kukus hingga matang, sajikan setelah agak dingin sehingga teksturnya sudah firm.

0 komentar:

Poskan Komentar