Kamis, 10 November 2011

Jellyfish Salad by Ina Kornie

EEEEh...bener banget apa yang mbak Ina Kornie sampaikan...tanpa Bantat !! yang iya kenyaaang penuh kenikmatan... duuuuh resep penutupan,  sedih banget yaa.... (3funky)
 
 
 
Dear ibu-ibu host CFW yang cantik, ini laporanku terakhir di hari terakhir event ini.
Aku suka sekali sama event kali ini, karena nggak mungkin hasilnya bantat dan bisa nyobain resep dan bahan-bahan yang nggak biasa di pakai di dapur sehari-hari. Dan ilmu tentang bahan-bahan kadang kita nggak tahu namanya atau kegunaannya yang di share di event ini bener-bener bernilai plus.
Seperti makanan yang satu ini, resep aku dapat dari ‘Primarasa a la resto Cina’ dan udah lama pengen nyobain ubur-ubur dalam kemasan yang sering aku lihat di Chinese Shop. Ada beberapa toko yang menjual ubur-ubur ini dalam gentong plastik besar bentuknya utuh dan ada juga yang sudah setengah kering dengan lapisan garam yang tebal. Karena belum punya nyali untuk mengolah dalam bentuh utuh, jadi aku beli yang sudah siap pakai dan dalam kemasan foil.
Rasanya enak, kenyal-kenyal seperti konyaku dan kriuk-kriuk dari sayuran. Hmmmmm......
 
Bahan
300gr Ubur-ubur siap pakai-aku beli sudah dalam kemasan 450 gr
2sdt gula pasir
¼ sdt garam
2 sdt cuka 5%- aku pakai balsamic vinegar
1 sdt minyak wijen
25 gr wortel, iris batang korek api
25 gr mentimun, buang biji, iris batang korek api
1 bh cabe merah, buang biji, iris batang korek api
1 sdt wijen putih, untuk taburan – aku skip karena lagi nggak punya stock
Daun ketumbar untuk hiasan
 
Cara Membuat:
·         Rendam ubur-ubur dalam air mendidih selama 10 menit. Tiriskan, cuci bersih.
·         Gulung ubur-ubur, iris tipis. Aku beli ubur-ubur dalam kemasan yang sudah diris tipis.
·         Masukan ubur-ubur iris dalam panci, jerang diatas api sedang sampai mendidih. Masak 5 menit, angkat.
·         Taruh ubur-ubur rebus dalam saringan, siram air dingin.  Rendam dalam air dingin sambil ganti air perendamnya 5-6 kali sampai bau amisnya hilang. Tiriskan.  Ubur-ubur aku rendam semalam dan air di ganti 3 kali.
·         Campur gula, garam, cuka dan minyak wijen dalam mangkok. Aduk rata hingga gula larut.
·         Masukan potongan wortel, mentimun dan cabai merah, aduk rata. Sisihkan hingga sayuran layu ± 10 menit.
·         Masukan ubur-ubur, aduk rata. Simpan di kulkas hingga saat di sajikan.
·         Hidangkan dengan taburan wijen dan daun ketumbar.
 

 
--------------------------------
Ina Kornie
http://mamadidapur.blogspot.com/
7/9-11 Ewos Parade
Cronulla 2230
Australia
--------------------------------

1 komentar:

Miliana mengatakan...

jadi penasaran deh sama rasanya

casing sosis

Posting Komentar