Selasa, 01 November 2011

Cap Cay Asam Manis by Eru Isti Muzakki

Kalo anak udah muji masakan kita otomatis bakal jadi pemacu semangat buat terjun di dapur.....Para Ibu...hayuk semangat berkreasi dirumah menjadi Chef handal buat keluarga... (3Funky)



Acara week-week an lagi nich...kali ini harus ikut, itu tekadku. 
Salam buat ibu2 host chinesefoodweek (ci Sherly, dkk)
Kali ini bikin yang asam-asam manis saja sekalian buat sarapan sekeluarga sehabis jalan-jalan keliling perumahan. Alhamdulillah....coment dari anak lanangku "cap jay nya enak mah", hi...hi... jadi bikin tambah pede mamahnya untuk semakin nguplek2 dapur. Tapinya si ayah agak sedikit protes katanya "kok ada yang kurang, gak pake telur ya mah?"...hi..hi..dan jawaban ngelesnya si mamah "di resepnya begitu, sayaaaannng, ntar dech bikin lagi dipakein telur + ayamnya yang banyak". Emang dasarnya si ayah kurang suka sama bakso yang dicampurin ke sayur.
Cap jay emang kesukaan keluargaku secara banyak sayurnya dan bikinnya juga gak terlalu susah, yang pasti seger dech kalo makannya pake cap jay, dijamin nambah terus.
Resepnya dapat dari tabloid saji, tapi prakteknya sedikit menyesuaikan isi dapur saja, karena lagi gak punya kecap ikan jadinya kuganti pake saos raja rasa).

Bahannya :
100 gr kembang kol
100 gr wortel, dipotong miring
5 buah bakso sapi, dipotong-potong (aku pake 10 buah)
50 gr jagung putren, dipotong miring
100 gr kol, dipotong-potong
5 batang  caisim, dipotong-potong
1 buah tomat, dipotong-potong (aku buang sebagian isi tomatnya)
2 siung bawang putih, potong kasar
1/2 buah bawang bombay, potong-potong
2 cm jahe, memarkan
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
5 sdm saos tomat
500 ml air
1 sdm tepung maizena dilarutkan dg 1 sdm air, untuk pengental
2 btg daun bawang, iris miring
2 sdm kecap ikan, (lagi gak ada di rumah aku pake saos raja rasa)
2 sdt minyak wijen
1 sdt cuka
1 sdm minyak untuk menumis
Cara :
1. Tumis bawang putih, jahe dan bawang bombay sampai harum.
2. Tambahkan tomat, bakso sapi, wortel, putren, kembang kol. Tumis sampai layu.
3. Masukkan air, kaldu bubuk, saos tomat, gula pasir, merica bubuk. Masak sampai mendidih.
4. Tambahkan kol dan caisim. Masak sampai matang.
5. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup-letup.
6. Tambahkan daun bawang, minyak wijen, cuka dan saos raja rasa. Aduk rata.
7. Siap dech dinikmati...nyam...nyam..nyusssssss

0 komentar:

Poskan Komentar