Jumat, 04 November 2011

Chinese Sweet Soup by Mariani

Saluuut dengan Mb Mariani...laporannya selalu berkhasiat hehehe...selain enak dinikmati juga berkhasiat untuk obat...(3Funky)

Permisi, mau setor desert yg "mendinginkan". Biasanya nenek dan ibu suka bikin ini buat mendinginkan panas dalam dan meningkatkan stamina, khususnya wanita yg sering batuk2, untuk cucu baru melahirkan/menyusui   tiap hari makan ini, dan mengobati tekanan darah rendah. Semoga bisa berguna buat teman2.
Resep ini juga ada dibuku Everday Dishes by FLP 2002, cuma saya gak bisa baca bagian huruf Mandarin.
Karena kehabisan stok bahan dikulkas, saya bela-belain parkir di KFC dan jalan kaki ke Klenteng Pasar buat beli bahan2nya di toko obat Chinese, daripada berebut parkir di pasar. Saya gak suka biji teratai, jadi di ganti pakai jelai China (sejenis Barley).

Chinese Sweet Soup
Bahan:
100gr jamur es (white fungus), direndam sampai mengembang dan dicuci bersih agar baunya hilang
200gr biji teratai ( saya ganti jelai China)
15 biji kurma merah (red dates / angcou)
15 biji lengkeng kering (longan pulp)
Gula batu secukupnya
Air untuk merebus.

Cara:
Semua bahan direbus jadi satu dengan api kecil sampai airnya sisa 1/2 bagian dan jelainya pecah-pecah.
Enak disajikan dengan gula batu dan es batu. Di musim hujan, lebih enak dimakan hangat.

Salam,
Mariani @ Bjm

PS: saya lebih suka masak ini tanpa gula karena sudah manis kalo kurma merahnya sudah meresap ke kuah, tapi anak-anak lebih suka gulanya dicampur sejak awal agar rasanya seperti setup buah/ manisan.

0 komentar:

Posting Komentar