Selasa, 18 Oktober 2011

Ayam Panggang Hongkong by Ina Kornie


 Wah ,kalau bagian dada dan paha ayamnya sudah dibagi rata Mbak Ina Kornie untuk keluarga tercintanya, Trio Host Funky uma bisa ngiler lihat fotonya nih.. :D 


Dear ibu-ibu Host CFW dan NCCers yang cantik,
Nggak ngerti juga ya kenapa namanya ayam panggang Hongkong, mungkin karena saus perendam yang di pakai atau memang resep aslinya dari Hongkong. Resep aku dapat dari Nova dan aku modif sesuai selera orang tercinta di rumah. Dimakan pakai nasi putih panas dengan sayuran yang direbus/kukus dan di siram saus peremdam ayam. Hmmmmmm....enak sekali. Anakku paling suka paha dan aku paling suka sayap, sedangkan suamiku paling suka bagian dada.
BAHAN:

1 ekor ayam utuh
4 sdm kecap asin
3 sdm angciu (optional)
3 sdm kecap manis
1 sdt merica bubuk
50ml  air panas
1 bh jeruk lemon, ambil airnya
4 sdm madu
2 sdt minyak wijen
4 sdm saus tiram
1 sdt cabe bubuk
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
Sayuran Pelengkap: dikukus/direbus
Buncis, sawi, wortel, baby bok coy atau kailan.



CARA MEMBUAT:
1.    Potong tulang punggung ayam. Tekan bagian dada dengan telapak tangan hingga ayam melebar dan terbuka. Tusuk dengan tusuk sate panjang untuk mempertahankan bentuk selama pemanggangan.
2.    Aduk rata kecap asin, kecap manis, merica, air panas dan madu. Letakan ayam dalam baskom, tuang saus perendam dan tutup dengan plastik wrap, diamkan 1 malam dikulkas.
3.    Masukan saus perendam dalam panci, masak dengan api kecil sampai saus mengental. Masukan minyak wijen, cabe bubuk, saus tiram, gula pasir dan garam. Angkat dari api, tambahkan air jeruk dan angciu.
4.    lumuri bumbu saus ke seluruh permukaan ayam. Panaskan oven 180C
5.    Letakkan ayam di rak kawat, alas dengan loyang, panggang selama 1 jam. Oleskan bumbu beberapa kali saat dipanggang, sampai ayam matang kecoklatan.
6.    Panaskan lagi saus pengoles sampai mendidih. Tata sayuran rebus atau kukus diatas piring datar, siram sayur dengan saus.
7.    Hidangkan ayam utuh atau di potong-potong.


Salam ayam panggang,
--------------------------------
Ina Kornie
http://mamadidapur.blogspot.com/
7/9-11 Ewos Parade
Cronulla 2230
Australia
--------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar