Minggu, 30 Oktober 2011

Kue Lobak by Silvia Limanta

Mungkin yang satu ini termasuk baru untuk kita...terutama Host nya, terima kasih sharing nya looo, ayuuk kita lihat resepnya ...(3Funky)

Halo Trio CFW,
Saya baru kali ini ikutan event dan memberanikan diri untuk posting resep.
Tadinya niatan mau bikin kue khas kampung halaman, tapi takut waktunya mepet jadi coba kirim postingan yang ini dulu deh.

Pertama kali kenalan dengan Kue Lobak ini sebenarnya gara-gara adikku yang pulang dari negeri seberang, bawa oleh-oleh kue lobak frozen yang dia beli di Carrefour sana. Penyajiannya simple banget, tinggal digoreng versi sedikit minyak.. hehe asal permukaannya jadi crispy aja.

Tadinya dalam pikiran saya, bau lobaknya pasti santer. Tapi anehnya malah nggak dan rasanya pun enak. Di Taiwan sana, kabarnya kue ini dimakan untuk sarapan, dipadukan dengan saus yang juga beli jadi. Sausnya itu seperti saus tiram yang gurih dan kecoklatan.
Beberapa minggu lalu kebetulan saya nemu resepnya di kaskus.us. Resep ini milik seorang kaskuser yang vegetarian, dan kebetulan dia juga nggak makan bawang (ada vegetarian yang makan bawang, dan ada juga yang nggak).

Menurut saya kue ini jadinya lumayan enak. Rasanya gurih dan lumayan mengenyangkan. Kalau dibandingkan dengan versi frozen yang pertama kali saya makan, resep yang ini hasilnya lebih padat tapi lebih enak. Kepanjangan cerita behind the scene-nya nih. Langsung aja resepnya ya :


 

Kue Lobak sebelum di goreng

Kue Lobak sesudah di goreng
KUE LOBAK

Bahan (utk 1 loyang ukuran 18x18 cm) :
1 kg lobak putih uk. sedang (saya modifikasi dengan menambahkan 1 buah wortel supaya warnanya cantik).
1 batang daun bawang, diiris.
500 gr tepung beras
25 gr tepung maizena
500 ml air

Cara pembuatan :
1. Kupas dan cuci lobak (dan wortel kalau memakai wortel), parut.
2. Tumis parutan lobak & wortel dengan minyak secukupnya sampai harum, bumbui dengan garam, sedikit lada dan kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur). Setelah lobak dan wortel agak layu, masukkan irisan daun bawang (bila pakai).
3. Dalam wadah, larutkan tepung beras dan maizena dengan 500 ml air. Perhatikan konsistensi adonannya, jangan terlalu encer. Adonan harus agak kental.
4. Campurkan lobak + wortel yang sudah ditumis ke adonan tepung, aduk rata. Tuang ke loyang.
5. Ratakan adonan, kukus selama 30 menit dengan api sedang sampai matang.
6. Angkat, tunggu sampai agak dingin. Potong-potong sesuai selera.
7. Goreng dengan sedikit minyak sampai permukaan kue menjadi agak kecoklatan dan garing. Angkat dan sajikan dengan saos/sambal botolan.

Terima kasih.

--
Cheers!

Silvia
www.eggknock.blogspot.com


0 komentar:

Poskan Komentar