Rabu, 19 Oktober 2011

Mun Tahu By Lingga

Setelah baca postingan ini jadi pingin nyoba buat...bentuk olahan tahu yang bisa di jadikan variasi masakan dirumah (3funky)

Siang friends.
Menu siang ini merupakan menu favorite saya.  Awalnya saya bukan penggemar tahu.  Waktu jaman SMP 2, saya main ke rumah teman.  Disana, teman saya makan siang dengan mun tahu.  Entah kenapa, saat liat teman saya makan, kok kelihatan nikmat banget.  Nasi yang disawer dengan mun tahu yang berlimpah.  Padahal mama saya sudah sering banget masak mun tahu tapi baru setelah pengalaman liat temen makan, mendadak menu tersebut jadi favorite saya, hahahaha...
Dan sejak itu pula, saya jadi tahu lover :D


Mun Tahu
By Lingga
 
Bahan :
1 kotak tahu sutra / tahu air

1 siung besar bawang putih, rajang
100 gr udang kupas, cincang kasar
100 gr daging ayam fillet, giling / cincang
Daun bawang, iris halus
Sagu
Air

Bumbu :
1 sdm arak masak *
1 sdm saus tiram
Minyak wijen
Garam
Penyedap
Air sagu

Cara membuat :
- daging ayam dan udang diberi sagu secukupnya.
- panaskan minyak dikuali. Tumis bawang putih, daging ayam dan udang sampai berubah warna. Masukkan tahu. Cacah dengan penggorengan, sesuai selera (kalau saya sukanya tahu yang hancur, ga terlalu besar2)
- beri arak masak, garam, penyedap, air.
- masukkan saus tiram. Biarkan hingga mendidih.
- berikan air sagu, aduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.
- masukkan minyak wijen. Aduk rata. Angkat, sajikan dengan taburan daun bawang (kalau saya biasanya memasukkan daun bawang sesaat sebelum matikan kompor. Jadi daun bawang diaduk rata kedalam mun tahu)
Mun tahu siap disantap :)
Lingga ^.^

Note:
* Bagi yang muslim penggunaannya bisa dihilangkan

0 komentar:

Posting Komentar