Senin, 24 Oktober 2011

Puding Tahu aka Tauwa 'abal2' by Deasy Indriati

Dessert yang satu ini menggiurkan untuk di coba....duuh kembang tahunya itu lo yang bikin kesengsem..memang biasanya kalo mau..ya musti tunggu si emang lewat...yuk yuk yuk kita coba (3Funky)


Halooo enci enci caem CFW.. Mo setoran dulu yaa..
Kalo yang lain2 dah pada setor masakan chinese yang maknyus maknyus, gimana kalo sekarang dessert yg bikin anget sekalian adem.. Soale judulnya puding, pasti makannya dingin2 dong... tapi saosnya saos jahe, jahe itu bikin badan apa anak anaaak? Anget toh yo... hehhehe Tapi drpd nunggu tukang tauwa (kalo di jakarta namanya kembang tahu nih) ga liwat2, mariiii bikin sendiri walo cuma tauwa KW1 alias tauwa versi 'cheat'nya alias tauwa abal2 kekkkekkks

Resepnya dapet dari buku Sedap (Seri 5: Kumpulan Hidangan Lezat Gaya Cina), ini dia..

Puding Tahu
Bahan2nya:
1000 ml susu kedelai tawar
1/2 bks bubuk agar2
200 gr gula pasir (saya cuma pakai 140 gr, udah cukup manis)
1-2 lbr daun pandan (optional)
1/4 sdt garam

Cara membuatnya sama kaya bikin puding biasa, semua bahan dimasak sampai mendidih. Tuang di loyang kotak (td saya pake loyang pyrex 22x22), tunggu sampai uapnya hilang, baru masuk kulkas.

Saus Jahe:
750 ml air
150 gr gula pasir
75 gr jahe, dibakar dan dimemarkan
1,5 sendok makan tepung maizena yg dilarutkan dengan 1 sdm air.

Cara membuat: Air, gula dan jahe dimasak dengan api kecil sampai mendidih dan wangi. setelah itu masukkan cairan maizena, aduk sampai kental, angkat. Dinginkan dan siap disajikan dengan puding tahunya.

Tips:
1. Pilih susu kedelai yang bagus.
2. Pudingnya fragile cekaliiii... so hati2 ya motong2nya.. ini mah sebetulnya puding sutra, tp krn dipotong2 dan bukan model puding cup, jadilah proses pemotongan sampai penataan di mangkok dilakukan dengan sangat sangat perlahan biar pudingnya ga hancur..
3. Cara mengolah jahe biar 'nendang' gimana ya? Nah lho ini mah bukan tips! Sekalian deh drpd pingsan penasaran wkwkwkk.. abis perasaan td kok kurang 'pedes' aja saosnya.. pdhal udah dibakar ampe huiitem & digeprek dengan tidak berprikemanusiaan hehehhe

Ayo ayoo dicoba.. overall enaaaak kok puding ini.. Hmm definately gonna make some more, and more!
Xie xie peri2 CFW.. \^O^/
 

0 komentar:

Poskan Komentar