Minggu, 30 Oktober 2011

Chinese Almond Cookies by Henny Wulandari

Tadi malam baru aja belajar sama Om Google mengenai Chinese Cake and Cookies....well pagi ini mbak Henny posting salah satunya, banyak yang baru saya ketahui, bahwa ternyata Kembang Goyang termasuk Chinese Food, lalu jenis Apem (apam) bisa juga disebut dengan "Rice Cake" ...saya memantau nya dari Jepang, China, Korea, Thailand, Vietnam dan Melayu seperti kita, punya Kuwe ini...yuuuu kita liat laporan mbak Henny .... (3Funky)



Selamat pagi host CFW…
Dan selamat pagi NCC-ers
Newbie pengen banget ikutan nih.  Maaf ini laporan pertama saya, kalau ada salah mohon dimaafkan yaa..
Saya bikin Chinese Almond Cookies setelah browsing-browsing cari resep Chinese food. Ketemu resep ini di  http://allrecipes.com/Recipe/Chinese-Restaurant-Almond-Cookies , pilih resep ini karena kayaknya mudah dibuat :D.
Chinese Almond Cookies  ( Hang Geen Beng)
Merupakan cookies yang mudah dijumpai di berbagai tempat di toko kue dan restaurant di China. Pada jaman dulu mentega dan margarine susah didapatkan di China oleh karena itu mereka menggunakan lard (lemak babi) untuk membuat kue ini. Dengan penggunaan lard ini rasa kuenya menjadi istimewa. Menurut berbagai sumber yang saya baca penggantian lard dengan menggunakan margarine atau butter merubah rasa kue ini, dengan lard kue ini terasa lebih lezat dan renyah.
Saya hanya membuat ½ resep, setengahnya saya modifikasi dengan penambahan sejumput jahe bubuk dan kayu manis bubuk dan taburan kacang pistachio diatasnya cocok untuk ngeteh dan ngupi-ngupi di musim hujan begini.
Okay sekian laporan pertama saya ini semoga berkenan J
Chinese Almond Cookies (Hang Geen Beng)
4 lusin
Bahan:
·         2 ¾ C  tepung  terigu (saya  pakai kunci biru)
·         1     C  gula pasir
·         ½ sdt  baking soda
·         ½ sdt  garam
·         1   C lard (saya pakai unsalted butter, masukkan sebentar dalam lemari es, potong kotak)
·         1  bh telur ( saya hanya pakai kuning telur… karena hanya bikin ½ resep )
·         1 sdt  almond extract
·         48 kacang almond
Cara membuat:
1.      Ayak tepung terigu, baking soda dan garam .
2.      Dalam sebuah mangkok campur antara ayakan tepung diatas, gula, campur dengan sendok  hingga gula tercampur rata.
3.      Tambahkan mentega, campur dengan menggunakan 2buah pisau atau garpu sehingga adonan seperti pasir
4.      Tambahkan  telur, almond extract, campur rata
5.      Istirahatkan sebentar  (15 menit) dalam lemari pendingin
6.      Bentuk adonan bulat ukuran 1inchi, pipihkan sedikit, taruh dalam Loyang  yang sudah diolesi mentega atau margarine. Taruh almond untuk hiasan diatas cookies, dengan cara agak ditekan
7.      Oven 165 der C selama 15-18 menit
8.      Dinginkan

0 komentar:

Posting Komentar