Senin, 24 Oktober 2011

Dim Sum: Lo Mai Gai by Ina Kornie

Waaw ...saya begitu girangnya mbak Ina sharing resep2 di event ini, sangat berterima kasih, aku yang jadi Host..berpikir, hidangan ini ada juga versi jepang dan Korea nya, jepang dengan Onigiri yang terbungkus rumput laut (Nori) juga Korea (Gimbap) yang cenderung berbentuk seperti Sushi tapi besar.. nah kira2 nyambung ga ya dengan Lemper dan Arem2...? who knows ? yg aku tau Lemper itu ada di Portugis juga.. ah teka teki silang di bidang kuliner....(3Funky)


Dear ibu-ibu CFW yang cantik dan baik hati, juga teman-teman NCC.
Terima kasih untuk kiriman logo CFW-nya.  
Sebagai penggemar Yum Cha, kita sekeluarga hampir sebulan sekali, biasanya weekend cobain tempat baru walaupun dimana-mana yang ada di menu ya  itu-itu aja. Menu yang satu ini nggak pernah aku pesan, padahal kalau waitress-nya wara-wiri bawa Lo Ma Gai ini, bawaanya pengen nyomot. Wangi daun teratai  itu lho….menggoda iman.

Karena kemampuan perutku sedikit banget dan Lo Ma Gai ini porsinya nggak ada yang kecil, jadi menu satu ini selalu di korbanin demi bisa nyobain Dim Sum yang lain.

Resep dibawah aku ambil dari : http://www.epicurious.com/ dengan nama kerennya: STEAMED STICKY GLUTINOUS RICE WITH CHICKEN
Kadang namanya Lo Ma Kai atau Lo Ma Gai, mungkin hanya beda pelafalan aja kali ya?
Bahan:
Untuk beras ketan:
250 g beras ketan
1sdt garam
1sdt kaldu ayam blok
400ml air
2sdm olive oil

Untuk ayam:
2sdt olive oil
1sdt minyak wijen
5 bh bawang merah, cincang halus
200 g dada ayam fillet, potong dadu kecil
3 bh jamur shiitake, iris
50 g water chesnuts/rebung masak, cincang kasar.
1 sdt garam
½ sdt lada bubuk
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap asin
1 sdm angciu (optional)
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air.
4 btr kuning telur asin (optional), cincang kasar
8 lembar daun lotus

Cara Membuat:
Beras ketan:
1.      Rendam beras ketan selama 2 atau 3 jam. Cuci dan bilas. Kukus selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
2.      Rebus ayam sampai matang, angkat dan sisihkan daging ayam.
3.      Kedalam kaldu ayam, masukan kaldu blok dan garam. Tambahkan beras ketan, aduk sampai semua kaldu terserap oleh ketan, angkat.
Bahan isi:
1.      Panaskan olive oil dan minyak wijen, masukan bawang merah. Aduk hingga layu dan wangi.
2.      Masukan ayam, jamur shiitake, water chesnuts, garam, lada, saus tiram, kecap asin dan manis. Aduk rata. Tambahkan tepung maizena. Aduk hingga mengental.

Penyelesaian:
1.      Campur beras ketan dan bahan isi, tabur kuning telur asin. Aduk  rata. Cicipi rasanya, jika perlu tambahkan lagi kecap asin atau saus tiram. Bagi 8 bagian.
2.      Bentangkan daun lotus/teratai. Letakan beras ketan isi diatasnya. Bungkus seperti amplop.
3.      Masukan dalam kukusan yang telah panas. Kukus selama 15 – 20 menit.
4.      Sajikan panas – panas dengan saus sambel.

Note: 
·         Jika akan di bekukan, lakukan hanya pada sampai tahap dibungkus daun lotus. Lo Ma Gai akan tahan 1 bulan.
·         Jika daun lotusnya terlalu lebar, potong jadi 2. Sesuaikan beras ketan isi dengan kapasitas daun yang baru.

 Salam Dim Sum,
--------------------------------
Ina Kornie
7/9-11 Ewos Parade
Cronulla 2230
Australia

Note : * bagi yang Muslim, bahan Ang Ciu bisa di hilangkan


0 komentar:

Poskan Komentar