Rabu, 26 Oktober 2011

(Bing) Tang Hu Lu by Sri Muljani

Kali ada laporan langsung dari Negeri Tirai Bambu....Jajanan khas dari China yang bisa kita coba bikin sendiri (3funky)

Teman2 NCCers,
Dulu pernah Mbak Ani (Kue Ratu) share tentang Bing Tang Hu Lu ini.
Fotonya terlampir dibawah ini. Sedang untuk resep, ini resep kira kira aja yah. Soalnya cuma lihat bagaimana bikinnya dari yang juwal; bukan bikin sendiri. Juga sekaliyan nanya2 dari beberapa teman lokal tentang Bing Tang Hu Lu ini.

Bahannya:
Tusuk Sate
Buah2an: bisa strawberry/potongan buah jeruk/hawthorne (mirip buah cranberry tapi lebih sepat rasanya)/potongan buah kiwi/potongan nenas
Gula batu atau gula pasir 500 gram
Air sedikit (bbrp sendok makan)
Wajan ceper yang besar

Cara:
Buah2an di cuci bersih, kemudian dipotong tipis. Kalo strawberry biasanya utuh (kalo kecil); atau dibelah jadi dua (kalo besar). Untuk Hawthorne biasanya juga dibiarkan utuh. Sedang jeruk, dipakai persegment. Untuk buah kiwi, diiris tipis. Nenas dipotong kotak2.
Kemudian, buah2 tersebut dibuat seperti sate/kebab. Buah boleh dicampur dalam 1 tusuk sate; boleh juga seragam - 1 tipe buah dalam 1 tusuk sate.
Sisihkan.
Sementara, wajan dipanaskan (disini yang juwal pake wajan seperti wajan martabak di Surabaya, yang hitam besar dan rada ceper itu). (Alasannya supaya memudahkan waktu menyerokkan tusukan buah ke dalam gula.).
Setelah panas masukkan gula batu/gula pasir. (aselinya cara bikinnya pake gula batu; tapi sekarang gula pasir lebih murah, dan lebih gampang carinya. Makanya yang juwal pake gula pasir)
Tunggu gula mulai leleh, tambahkan air sedikit, biar gulanya tidak kental.
Masukkan kebab buah kedalam wajan, sampai gulanya menutupi buah. Putar putar kebab buah sampai gula rata menutupi, angkat, dinginkan dg cara diberdirikan.
Kalo gula mulai mengental; masukkan air lagi sedikit. Gunanya air untuk mencegah gula tersebut mengental.

Enjoy!
Sri Muljani
@Beijing

0 komentar:

Posting Komentar