Sabtu, 29 Oktober 2011

Chinese Herbal by Mimi

Dear Trio funky hosts,

Ibu2 host yang baek, perkenalkan saya mimi, masi ABG, mau sharing mengenai rangkuman chinese herbal  dalam event Chinese Food Week kali ini.

Berhubung ada event Chinese Food Week kali ini dan beberapa member yang posting sup herbal, juga tergerak dari permintaan salah satu host : Teh Nicke untuk sumbang saran, saya coba rangkum beberapa bahan Chinese herbal yang lazim di gunakan dalam membuat Sup herbal. Sumber gambar serta penjelasan ini juga bisa di lihat di website nya http://www.homemade-chinese-soups.com/chinese-herbs.html


Astragalus root (huang qi) Milkvetch root

Sering di pakai dalam campuran sup ato minuman herbal karna khasiat nya yang banyak. Membantu meningkatkan energy, daya tahan tubuh, memperlancar peredaran darah, Bisa di buat minuman teh pada saat flu. Cara nya : Didihkan air dengan Huang Qi selama 5 menit, ambil air nya untuk menyeduh teh, bisa di minum sebagai pengganti air sepanjang hari.

Perlu di ketahui, karna Huang Qi ini menstimulasi system  imun dalam tubuh, maka tidak di sarankan di konsumsi oleh org yg over active system imun nya seperti  penderita lupus. Sebaik nya juga tidak di konsumsi oleh wanita hamil dan menyusui. 

 

Chinese angelica root (dang gui)

Herbal satu ini memegang peranan dalam kesehatan wanita, selain untuk memperlancar peredaran darah, juga menyehatkan organ reproduksi, bagus untuk siklus menstruasi dan mengatasi sakit pada saat mens. Herbal ini sering di pakai sebagai campuran pada sup herbal, juga bisa di tim bersama tulang2 ayam kampong dan hanya di ambil sari nya untuk di minum. Wanita pasca melahirkan sering minum ramuan ini untuk kesehatan.

 

Chinese wolfberries (gou ji zi)

Nah..ini dia herbal yang sering ada dalam sup, masakan dan minuman maupun dessert.  Dijual dalam bentuk kering dan rasa manis. Bagus buat kesehatan mata terutama yang sering berlama di layar computer,  bagus juga buat kesehatan lever, karna dalam ilmu Chinese medical, mata sumber untuk melihat kesehatan lever di dalam tubuh, cntohnya org yg menderita hepatitis dpt di ketahui dari mata nya yg kekuningan.

Bisa di konsumsi sebagai minuman campur dengan kurma china yg merah serta Dang Shen, di godok di air mendidih selama beberapa menit. Diminum pada saat sehabis periode menstruasi untuk kesehatan wanita.

 

Chinese yam (huai shan)

Jenis herbal ini punya khasiat yg banyak antara lain meningkatkan stamina, untuk pertumbuhan otot, memperbaiki jaringan tubuh yang aus, memperbaiki kondisi tubuh setelah sakit yang berkepanjangan. Di gunakan juga untuk penyakit diabetes, diare, ginjal, batuk dan dehidrasi. Pemakaian herbal ini juga menyebabkan produksi air kencing dan keringat yang berlebihan, jadi pemakaian juga harus di batasi.

Herbal ini sering di masak bersama dengan daging dan campuran herbal lain nya untuk kebaikan pencernaan, mengatur kadar gula dalam tubuh, juga mengkontrol peradangan uterus.

 

Codonopsis root (dang shen)

Kegunaan nya antara lain untul kebaikan pencernaan, diare, batuk, mengurangi mual dan kelemahan setelah pendarahan, mengaktifkan metabolisme dan meningkatkan peredaran darah. Di pakai untuk campuran sup herbal. Bisa juga di rebus bersama kurma china dan Kici di jadikan minuman.

 

Ginkgo nuts (bai guo)

Herbal ini di kenal untuk mengobati keputihan pada wanita dan anak2 yang bermasalah dengan kandung kemih nya. Kulit keras nya agak susah di lepas karna sangat lengket ke daging nya, bisa juga di beli dalam keaadaan udah terkupas. Buang tunas kecil di dalam nya karna sangat pahit.

 

Ginseng (ren sheng)

Ginseng mungkin tidak perlu di jabarkan lagi lagi khasiat nya yang luas dan sudah di ketahui byk org… inti nya segala kebaikan ada pada herbal satu ini. Sering di pakai untuk campuran sup herbal, ato di seduh minum air nya saja. Buat calon pengantin yang menghadapi hari H-nya J, ini minuman kudu di siapin sepanjang hari, di jamin badan fit dari pagi buta mulai merias wajah sampai malam acara resepsi bubar J

 

Red dates (hong zao)

Mengandung vit B, C, E, P, fosfor, kalsium, zat besi, dll. Penemuan ilmiah juga menyebutkan zat yg terdapat dalam red dates ini bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Sup herbal dengan campuran kurma merah serta Huang Qi, wolfberries, ginseng dan dang gui sering di minum oleh orang pasca operasi untuk mengembalikan daya tahan tubuh, menguatkan dan mencegah kekambuhan.


Dried longan (guìyuán)

Yang satu ini adalah longan yang sudah di keringkan, fungsi nya hanya untuk pemanis juga untuk menghangatkan. Bisa juga sebagai tonic untuk memperbanyak dan mengentalkan air susu ibu. Cara nya rebus bersama kurma merah dan dang shen. Minum air nya sebagai pengganti air putih selama masa nifas juga bagus buat menghangatkan dan mencegah angin.

 

Notes :

- Biasa kan memasak segala macam herbal ini dengan bahan tanah liat, hindari penggunaan bahan metal.

- Untuk memudahkan penakaran herbal2 ini, bisa di beli dalam paket di toko obat, dengan menyebutkan kondisi org yang akan mengkonsumsi nya, misal nya minta paket untuk wanita masa nifas, paket untuk pasca operasi, biasa nya yang menjual sudah tau takaran dan campuran nya.

- Pilih ayam kampong yang bener2 bagus kwalitas nya, bisa juga di ganti daging b**i buat yang menkomsumsi tapi pilih hanya has dalam nya saja.

- Masak dengan api yang sangat kecil, supaya air tidak banyak menguap dan sari2 herbal serta ayam tidak hilang, kalo tidak mau repot pakai slow cooker saja  :)


Thanks,
Mimi

0 komentar:

Posting Komentar