Jumat, 21 Oktober 2011

Jook - Chinese Porridge by Meidyna Patiwiri

Nah akhirnya ada juga yang setor Bubur ayam, ini baik sekali untuk anak2 yang lagi pada flu... juga untuk kita yang lagi meriang ga jelas... alternatif untuk membuat badan sehat atau pulih kembali (3funky)

Selamat sore wanita-wanita cantik host CFW..

akhirnya aku laporan juga, dua kali mau laporan tapi ternyata yang aku masak bukan masakan cina (kepiting saus padang & ayam teriyaki) cape deh.. hehehe..

kali ini beneran chinese food kok..
ini adalah salah satu masakan cina yang paling aku suka, biasanya kalau aku lagi sakit, tunangan sakit, udara dingin, pulang abis nonton tengah malam, ini adalah meno favorit aku.

Jook atau chinese bubur, kenapa aku suka? karena hangat bukan karena panas2 saat di santap, tapi karena mengandung jahe, bawang putih dan merica yang cukup banyak benar-benar membuat angin di dalam badan keluar tanpa perlu badan di kerok-kerok segala.

tanpa berbasa-basi lagi, ini dia resepnya..

Jook
by Mei
3 porsi

Bahan :
1/2 cup beras
1 liter kaldu ayam (sapi, seafood, babi atau sayur juga enak)
2-3 liter air masak
2 butir bawang putih, parut
1 cm jahe, parut
1 sdt merica putih bubuk
garam secukupnya

Pelengkap :
1/2 sdt minyak wijen
chinese steam chicken (laporannya nyusul yah)
cakue
daun bawang

Cara membuat :

1. Masak kaldu ayam (aku pakai 1 liter air + 1 saset kaldu gel), bawang putih, jahe hingga mendidih.
2. Masukkan beras yang sudah di cuci bersih, masak hingga kaldu sudah habis setengah, tambahkan 1 liter air, masak hingga nasi mulai hancur dan air hingga setengah. tambahkan air lagi jika memang nasi madih berbutir utuh, aduk jangan sampai gosong bagian bawahnya. karena aku suka bubur yang cair seperti soup, jadi aku menambahkan air sampai 2,5 liter, kalau suka sama bubur yang padat dan kental, tambah 1,5liter cukup.
3. Jika bubur sudah sesuai dengan kekentalan dan tekstur yang diinginkan, masukkan merica, garam, angkat, siap dihidangkan.
4. Tuang bubur di mangkuk, tuang minyak wijen, hias dengan daun bawang, dan cakue, santap bersama ayam kukus.

Semoga bermanfaat
Salam
      -Mei_

0 komentar:

Posting Komentar