Sabtu, 22 Oktober 2011

Bubur (cuma) Ayam by Aty

Hidup di negara orang, membuat kita menjadi lebih kreatif dan banyak akal ...Buryam nya mbak Aty ini simpel pengerjaannnya, tahukah ..banyak sekali ibu muda ingin memasak dengan cara yang simple, bayangkan bila mereka panic harus memasak, langkah tercepat adalah mencari resep yang paling sederhana...! (3funky)

 
Abis jalan pagi kemaren, kok tiba2 pengen makan bubur ayam.. kalau di Indonesia sih gampang, tinggal ngacir aja cari tukang bubur.. lah disini pengen bubur ayam mesti bikin sendiri.. untung masih punya stok ayam mentah.. 

Resepnya asli kira2 sendiri aja, cuma karena mulai dingin, jadi pengen yg anget2 gitu.. kebiasaan masak, kalau pengen makanan anget2 mesti ditambah jahe… dan ternyata pas baca laporannya mba Mei.. lah ini Chinese food.. ya sudah.. laporkan saja!

Ini resepnya
Bubur [cuma] Ayam ala Aty

Bahan:
Setengah ekor ayam
Beras 1 cup
2 siung bawang putih, parut
1 ruas jari jahe, parut
merica secukupnya
garam secukupnya

Cara Membuat:
1.   rebus ayam dengan 1 liter air hingga setengah matang.
2.   Angkat ayam yg sudah setengah matang, suir2 daging ayam, sisihkan, tulang2nya dibuang
3.   Cuci bersih beras, masukan ke dalam air kaldu, didihkan bersama bawang putih, jahe, merica, dan garam. Tunggu sampai matang dan menjadi bubur, bila air dirasa kurang, tambahkan air mendidih (sedikit-sedikit)
4.   Siap dihidangkan

Catatan:
Bubur yang dibuat jangan terlalu asin, bila dirasa kurang garam, tidak apa2 karena bubur akan dihidangkan dengan ayam suwir yang berbumbu

Ayam suwir
[resepnya nyontek dari resep mie ayam NCC, dengan sedikit modifikasi]

Bumbu:
1 siung bawang putih (bila kecil pakai 2 siung), parut
1 sendok makan saus tiram
2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan kecap asin
1 sendok makan kecap inggris
1 sendok makan minyak wijen
1 sendok teh merica
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
sedikit minyak untuk menumis

cara membuat:
tumis bawang putih hingga harum, masukan ayam suwir beserta semua bumbu, aduk rata, tambah air sedikit saja.
Setelah mendidih dan kental, angkat.

Cara penyajian:
Taruh bubur dalam mangkuk atau piring, siram dengan ayam suwir, tambahkan kecap.. lebih lengkap bila disajikan dengan potongan cakue dan taburan bawang goreng atau bawang daun (sayang disini tak ada cakue.. dan lagi gak punya stok daun bawang)

maaf foto alakadarnya.. belum belajar fp soalnya.. 

salam hangat sehangat jahe,
aty

0 komentar:

Poskan Komentar