Sabtu, 29 Oktober 2011

Chinese Fruit Tea by Windy

Untung saja ada event ini, kenapa ...? banyak jawaban nya dan sesuai kebutuhan pribadi masing2...tapi yang simpel adalah ternyata kita menjadi tau karena ada nilai plus  dari minuman ini..lihatlah betapa jelasnya Windy menerangkan kegunaan dan rasa yang khas dr minuman ini...(3Funky)


 
 Dear Host CFW yang baik hati,
 
Mau setoran lagi :Chinese Fruit Tea (Bingung mau dikasih nama apa)
Teh ini mengingatkan saya dimasa 30 hari setelah melahirkan.
Diminum setiap hari sebagai pengganti air putih.
Saya sih senang senang aja karena rasanya yang "Enyak" hihihi
 
Udah 2.5 tahun tidak minum sampe kemarin baru dibuat lagi.
Buat ngeramein CFW sekalian mengobati rasa rindu dengan aroma dan rasanya khas.
 
Note Tambahan dari Windy ..(3Funky): 
Untuk teh ini, diminum mulai dari setelah melahirkan hingga hari ke 30/40 (masa nifas) tergantung adat dan kebiasaan. Selain teh ini, juga diminum angciu(arak dari beras ketan yg diragi dan dikasi angkak), atau arak herbal lainnya seperti merk dome, yomeishu, bincargis (spellingnya mungkin salah)

Setelah melahirkan ibu” tidak minum air putih biasa. ”katanya” Karena kalau minum air putih biasa nanti setelah masa nifas mukanya jadi tembem” karena bengkak air. Jadi sebagai gantinya air diperoleh dari teh ini dan kuah kuah lauk saja.

Minum teh ini manfaatnya untuk penambah darah (ibu” habis banyak darah waktu melahirkan) dan menjaga tubuh tetap hangat.

Di resep yg saya share tidak pakai jahe. Jika untuk diminum pada masa nifas ditambahin jahe 1 ruas yang diiris tipis”.

Red dates dan dried longan dapat membantu nambah darah (darah Merah). Dan karena sifatnya panas, baik untuk tubuh alias ”pou". Bhs indonya apa ya? Kalo diterjemahkan lugas ”pou” itu nambal. Mungkin maksudnya menambal kembali energi yg dikeluarkan saat melahirkan.

Kalau wolfberry/gojiberry sepengetahuan saya untuk ”pou” mata. Dalam teh ini aroma dan sari wolfberry menambah rasa manis manis asam yg kontras dengan sari dari red dates dan dried longan.

Tradisi minum teh seperti ini saya jumpai di daerah kepri. mungkin akan Ada sedikit perbedaan dengan daerah lainnya. Dalam masa nifas teh ini diminum hangat”. Jika sudah dingin maka dihangatkan kembali dengan cara di tim.

Chinese Fruit Tea
Bahan :
1 genggam Red Dates
1 genggam Wolfberry (gojiberry)
1 genggam Dried Longan (longan kering)
1 L air
 
Cara:
Guampang banget. Cemplungin saja semuanya di dalam slow cooker, biarkan dimasak selama 6 jam. Jika tidak ada slow cooker, dimasak di atas kompor juga boleh. Masak dengan api kecil hingga mendidih besar dan menyusut airnya sekitar 10% dan keluar aromanya.
 
Selamat mencoba......
 
Link nya di sini :
 
Regards
Windy
http://homemadebychwin.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar