Kamis, 27 Oktober 2011

Kuotie Ayam Sederhana by Jessi

Walaupun namanya Kuotie Ayam Sederhana hmmm dijamin rasanya ga sederhana....yuuk dicoba salah satu varian dim sum ini...(3funky)

Dear trio yang tambah funkie,
Setor lagi yang terbaru, KUOTIE AYAM SEDERHANA. Apa sih kuotie? Saya cari-cari melalui Bang Gugel sama sekali gak ketemu referensi apa-apa, malah hanya resep-resep. Kemarin sempat diletakkan foto kuotie menjadi Profile Picture di Handphone saya dan ada yang bertanya apa itu kuotie, saya jawab "Pangsit Panggang", tapi orangnya 'ngeh' juga tuh pas dikasih tau gitu. Memang kuotie itu sejenis pangsit, di resep sederhana ini juga saya menggunakan kulit pangsit untuk membungkus, hanya saja memasaknya dengan cara dipanggang bukan digoreng atau direbus. Resep kuotie ini diajarkan oleh teman saya, namun saya modifikasi. Kuotie menjadi makanan kegemaran saya dari kecil, orang tua sering mengajak saya makan kuotie di daerah Gunung Sahari 1, dekat TBK Ani. Kuotie ini sendiri sebenarnya menggunakan daging non-halal dan dijual bersama 'semur' daging dan jeroan non-halal, namun karena saya membatasi memakan makanan non-halal, jadi saya biasa membuatnya dengan daging ayam (karena rasa dagingnya mendekati). Kuotie ini bisa dimakan dengan cara 'mencocol' ke campuran saus cabai dengan bawang putih atau campuran kecap asin dengan bawang putih.
Pas banget ada event Chinese Food Week dan pas lagi kepengen makan kuotie, jadi saya segera membuat. Beli bahannya dan langsung memasak. Ini resepnya ya....


KUOTIE AYAM SEDERHANA
Bahan:
200 gr daging ayam cincang
10 lembar kucai - potong tipis
2 lembar sawi putih - potong tipis
garam, gula, lada secukupnya
1 sdt minyak wijen
kulit pangsit secukupnya (disarankan menggunakan kulit pangsit goreng)
2 sdm minyak
300 ml air kaldu ayam
(kaldu ayam bisa dibuat dengan cara merebus ayam kampung atau dengan kaldu bubuk yang dicampur ke air panas)

Bahan pelengkap:
1-2 siung bawang putih - haluskan
kecap asin
saus cabai (saya tidak pakai)

Cara Membuat:
1. Campur daging ayam, sawi putih, kucai, garam, lada, gula dan minyak wijen. Remas-remas sampai rata dengan menggunakan tangan yang sudah dilapisi plastik atau sarung tangan.
2. Potong kulit pangsit berbentuk bulat. (Kalau saya langsung saja tanpa dibulatkan dulu)
3. Isi kulit pangsit dengan isian lalu rekatkan dengan air.
4. Panaskan minyak di penggorengan (saya menggunakan penggorengan tahan panas - sepertinya bisa juga menggunakan panggangan martabak manis yg hitam dan tebal), lalu letakkan kuotie. Tunggu sampai agak kuning bagian bawahnya lalu masukkan air kaldu ayam, lalu tutup. Tunggu sampai air menyusut dan kuotie matang. Angkat.
5. Campur bahan pelengkap lalu sajikan bersama kuotie yang sudah matang.
Step-by-Step nya ada di foto ya. Selamat mencoba. ^^
--
Best regards,
~Jessi~
~Be a creative person~
http://jess-creart.blogspot.com/
http://inimytehsusu.blogspot.com/

1 komentar:

phill mengatakan...

ijin share yah kak

compactor bomag

Posting Komentar