Sabtu, 22 Oktober 2011

Ayam Tim Obat by Lusmi

Saat  resep ini dibagikan untuk event yang sedang berlangsung, alangkah bahagia nya teman-teman yang di besarkan dalam lingkungan yang sangat memperhatikan kesehatan, membaca nya pun kami seolah-olah melihat dunia yang berbeda ketika makanan dibungkus rapi dengan pengobatan, betapa leluhur kita sangat memanjakan lidah, mencampurkan obat herbal tanpa mengurangi kenikmatan makanan tersebut... kami sangat berbahagia menerima informasi yang sangat berharga ini...(3funky)


Ulasan dari Lusmi :
Meskipun namanya Ayam Tim Obat, sup ini sedap dan menyehatkan. Sup ini favorit saya sejak kecil. Rasanya yang manis halus, sedikit asin, dan dimakan pada saat panas, menambah selera. Setelah diminum, badan terasa hangat, dan jika sedang kurang enak badan, tubuh akan berkeringat. Makan enak dan badan enak hehehe. Ayamnya sudah tidak terasa manis, kecuali bagian paha yang masih empuk, karena sari2 ayam telah tercampur ke dalam kuah.
Rasa manis dari kice/wolfberry yang kaya akan vitamin a, lengkeng, dan red dates bisa ditambahkan jika suka. Gurihnya didapat dari ayam yang dimasak lama.
Biasanya saya beli sebungkus pre-pack di toko petak sembilan/glodok. Tapi bisa juga didapat di toko obat yang menjual herbs.
Saya sertakan foto herbs, urutannya dari atas ke bawah, kiri ke kanan.
Pada saat sehat, saya taruh tambahan kaldu. Pada saat nifas, saya skip kaldu/garam. Untuk anak2, tergantung selera masing-masing.
Dipercaya sebagai makanan berkhasiat (istilahnya cia po) antara lain penambah stamina, untuk masa nifas, masa pertumbuhan anak.

Ini dia resepnya:
Ayam Tim Obat

1ekor ayam kampung atau ayam hitam, dipotong sesuai selera (12 atau 14 bagian)
2 lt air ---- koreksi by mb Lusmi lebih mantap rasanya kalo airnya 1,5 lt
25 gr kie che/kice/kici/wolfberry
25 gr lien che/biji teratai
25 gr ang cho/red dates
25 gr longan ba/daging lengkeng kering
25 gr huai san
25 gr tong sem
1 sdt garam
1 sdt kaldu atau 1/4sdt micin jika suka

Cara memasak:
Masukkan seluruh bahan (kecuali garam dan kaldu) ke dalam panci. Masukkan panci ke dalam klakat atau steamer. Masak selama empat jam. Masukkan garam dan kaldu. Aduk. Angkat. Sajikan.

0 komentar:

Poskan Komentar