Sabtu, 29 Oktober 2011

Onde-Onde Kacang Hijau by Ani Verdiyanti

camilan yang satu ini paling sukaaa...apalagi ada yang jual kecil-kecil tapi memang kalau buat sendiri ...puaaas rasanya ! yuuu coba yuuuu (3Funky)

Hai trio host NCC yang cantik2, perkenankan ABG mau laporan lagi, walaupun sudah dapat badge keren CFW untuk setoran Hakau Udang yang lalu.  Teutep kpingin setoran lagi *ketagihan kaya'nya :D  Masih varian Dimsum, tapi kali ini yang agak manis.  Berikut cuplikan dari Wikipedia mengenai asal muasal Onde- Onde.
Sejarah onde-onde dapat ditelusuri di Tiongkok saat zaman dinasti Tang, di mana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui(碌堆). Makanan ini kemudian dibawa oleh pendatang sana menuju ke daerah selatanCina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia timur dan tenggara.
Onde-onde/jin deui di daerah Cina utara disebut matuan (麻糰), di daerah timur laut Cina disebut ma yuan (麻圆), dan di Hainandisebut jen dai (珍袋). Jin deui terkadang dapat disebut sebagai zhimaqiu (芝麻球) yang diartikan sebagai bola wijen dalam bahasa Inggris. di Malaysia dikenal dengan nama Kuih Bom, vsementara di Indonesia disebut Onde-Onde. Untuk isisan sealing kacang hijau bisa digunakan pasta Kacang MerAh ataupun Unti Kelapa.

Berikut resepnya,
ONDE-ONDE KACANG HIJAU

Bahan Kulit:
250 gr tepung ketan
25 gr tepung sagu
½ sdt garam
¼ sdt vanili
15 gr gula pasir
1 btr telur
150 ml air hangat
100 gr wijen
minyak goreng

Isi:
100 gr kacang hijau kupas
75 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
¼ sdt garam
¼ sdt vanili
50 ml santan

Cara membuat:
1. Isi: kukus kacang hijau hingga matang dan empuk. Angkat, lalu haluskan selagi panas. Campur kacang hijau bersama gula pasir, daun pandan, garam, vanili dan santan, aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sampai adonan isi bisa dipulung. Dinginkan. Ambil adonan isi 10 gr, lalu bulatkan. Sisihkan.
2. Kulit: campur tepung ketan, tepung sagu, garam, vanili, gula pasir dan telur aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit, sambil diuleni sampai kalis dan dapat dipulung, sisihkan.
3. Ambil 15 gr adonan kulit, pipihkan. Taruh adonan isi, bentuk bulat hingga kacang hijau tertutup.
4. Celupkan sebentar ke dalam air, lalu gulingkan dalam wijen.
5. Goreng onde-onde dengan api kecil. Setelah onde-onde mengapung, besarkan sedikit apinya, goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Untuk 20 buah

0 komentar:

Posting Komentar